Sabtu, 18 Februari 2023

RESENSI BUKU HANBOOK OF PRACTICAL PROGRAM EVALUATION

 

Judul Buku              : Hanbook Of Practical Program Evaluation

Penulis/Konributor: William C Adams, James B.Bell, Robert E.

                                  Boruch, Julie Brenman, John M. Brison,

                                  mary Anne Casey, Stephanie Riegg Cellini,

                                  et.all

Editor                         : Joseph S Wholey, Harry P.Hatry, Kathryin E.

                                   New Comers

Penerbit                    : Jossey Bass

Tebal Buku               : 679 halaman

Tahun Terbit            : 2010

Cetakan                    : 3

ISBN                          : 978 -0-470-52247-9

 

Buku ini jika diterjemakan ke dalam bahasa indonesia berjudul buku pegangan praktis tentang evaluasi program, buku ini menarik untuk dikaji apabila tertarik tentang evaluasi program atau mau mengambil judul tugas akhir tentang evaluasi program yang berkaitan tentang pendidikan, atau bisa dijadikan salah satu literatur mata kuliah evaluasi program, penulis buku terdiri dari banyak penulis ahli evaluasi yang dikumpulkan sesuai tema, ini Isi buku terdiri dari 4 bab, bab 1 berjudul Rencana dan Desain Evaluasi, bab 2 tentang prosedur Praktis Pengumpulan data, bab 3 tentang Data Analsis, bab 4 tentang Penggunaan Evaluasi.

Bab pertama mendiskusikan tentang berbagai macam teknik dan strategi dalam merencanakan dan mendesain evaluasi yang kridibel dan berguna. Terdiri dari 10 tema yaitu : 1. merencanakan dan mendesain evaluasi yang berguna, 2. Analisis dan Keterlibatan pemangku kepentingan, 3. Menggunakan Logik model, 4. Penilaian evaluabilitas dan pendekatan evaluasi eksploratif, 5. Penilaian  kinerja Monitoring outcome program, 6. Membandingkan desain grup, 7. Mendesain percobaan terkontrol acak dan tidak terkontrol, 9. melakukan studi kasus, 10. Mendesain, mengatur, dan menganalissi  evaluasi multisite. Menurut buku ini desain evaluasi mengharuskan adanya keseimbangan antara biaya evaluasi dengan kemungkinan kegunaan dari hasil evaluasi.

Bab kedua mendiskusikan tentang pendekatan dalam mengumpulkan data evaluasi. Pendekatan yang sering dilakukan adalah pencatatan data dan survei, pada bab ini akan diceritakan bagaimana pengumpulan data secara kuantitatif dan kualitatif, dimulai dengan data kuantitatif dan diakhiri dengan pembahasan data kualitatif. Ada 8 tema yang disajikan pada bab kedua ini yaitu 1. Penggunaan Catatan/record, 2. Sistematik survei, 3. Pendekatan pengamat terlatih, 4. Pengumpulan data lapangan, 5. Penggunaan internet, 6. Wawancara semi tersetruktur, 7. Wawancara dalam Fokus grup, 8. Deskripsi dalam evaluasi. Sebagian besar program evaluasi perlu menggunakan lebih dari satu pendekatan dalam mengumpulkan data.

Bab ketiiga mendiskusikan bagaimana data akan dianalisis dan dilaporkan. Pada bab ini akan disajikan teknik cara menganalisis  data dalam evaluasi, terdiri dari 4 bab yaitu 1. Analisis dan interprestasi data kualitatif (wawancara dan kunjungan ke suatu situs), 2. Seleksi, aplikasi dan melaporkan data statistik kuantitatif, termasuk analsis regresi, 3. Penggunaan cost efektif dan cost benefit dalam program evaluasi, 4. Analisis dan sintesis evaluasi yang telah dilakukan sebelumnya.

Evaluasi program mempunyai berbagai tantangan dalam mendesain evaluasi, pengumpulan data, dan analisis data. Pada bab empat ini akan dibahas tentang masalah yang mungkin dihadapi dalam proses evaluasi dan cara untuk menghindari masalah tersebut, pengembangan rekomendasi dan penyusunan laporan evaluasi, kontrak evaluasi, penggunaan evaluasi dalam pemerintahan dan politik, dan isu-isu lain yang tidak pernah dibahas dalam bab-bab sebelumnya. ,termasuk tantangan dalam melakukan evaluasi dan tren evaluasi. Bab ini terdiri dari empat tema yaitu 1. Jebakan dalam evaluasi ; memberikan daftar periksa untuk membantu evaluator dan mereka yang meninjau evaluasi untuk menilai bagaimana potensi jebakan dalam perencanaan dan implementasi evaluasi dapat menghambat validitas, keandalan, dan kredibilitas temuan evaluasi, 2. Memberikan rekomendasi, saran dan pilihan untuk perkembangan suatu program, 3. Menuliskan impak dari program evaluasi; bagaimana evaluator dapat menuliskan laporan evalausi secara jelas 4. Kontrak untuk evaluasi produk dan layanan; bagaimana sebuah organisasi dapat memperoleh produk dan layanan evaluasi yang dibutuhkan melalui evaluasi program. Demikian resume yang dapat disampaikan penulis mudah-mudahan dapat memberikan isi gambaran buku tersebut, terimakasih.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar