Rabu, 15 Maret 2023

Menjelajahi Diri Sendiri Melalui Blog: Cerminan Perjalanan Pribadi Siswa

 


Kelas belajar menulis Nusantara PGRI (Pertemuan 29 Gelombang ke 28)

Narasumber        : Bambang Purwanto, S.kom,Gr

Moderator            : Gina Dwi Septiani S.Pd, M.Pd

Hari/tanggal        : Rabu/ 15 maret 2023

Tema                    : Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

 

Pada malam hari ini tema yang diusung adalah blog sebagai media dokumentasi refleksi diri siswa, tema yang sangat menarik karena dalam evaluasi dan penilaian pembelajaran umpan balik dan refleksi menjadi suatu keharusan untuk melihat hal apa yang sudah siswa dapatkan baik dari sikap, pengetahuan dan keterampilan apalagi dikemas dengan teknologi yang kekinian yaitu blog, pasti menarik namun bagi siswa yang kondisinya belum memaksimalkan fungsi teknologi karena keterbatasan baik dari perangkat hp/laptop yang tidak dimiliki sampai ke akses internet yang terbatas bisa menjadi kendala, namun guru yang cerdas akan mampu mengantisipasi dan membuat solusi yang win win solution.

Profil narasumber yaitu Bambang Purwanto, S.Kom., Gr., Nama Panggilan Mr. Bams, Ayah Salwa, tempat Tanggal Lahir : Bandung, 6 April 1974, Agama : Islam, Status : Menikah, Pendidikan Terakhir : S1, STMIK AMIKBANDUNG. Jurusan Sistem Informasi, 2013, Alamat Rumah : Perumahan Lebakwangi Asri D4 No 26 RT 04 RW 13 Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kab. Bandung – 40379. Moderator yaitu Gina Dwi Septiani S.Pd, M.Pd.

Apa itu blog ?, Blog adalah sebuah situs web yang secara  umum berisi konten-konten tulisan pendek atau artikel yang diterbitkan secara berkala oleh penulis atau blogger.  Menurut Wikipedia blog adalah sebuah situs web yang memuat tulisan-tulisan pendek dalam gaya tulisan harian yang terpisah-pisah, sering kali bersifat informal. Heather Mansfield dalam bukunya "Social Media for Social Good: A How-to Guide for Nonprofits" mengatakan bahwa blog adalah sebuah situs web di mana seseorang atau organisasi secara teratur memposting artikel-artikel pendek, opini, atau berita mengenai subjek tertentu. Blog adalah sebuah alat yang fleksibel dan dinamis yang memungkinkan individu dan organisasi untuk berbagi ide, opini, dan cerita mereka dengan audiens global. Blog dapat menjadi sarana untuk membangun merek, mengembangkan keterampilan menulis, dan mempromosikan bisnis atau Produk.

 Menurut nara sumber (Pak Bambang) blog sebagai tempat untuk menyimpan tulisan-tulisan yang dibuat dan ditugaskan dalam kelas. Blog atau web yang dikelola adalah penamrbams.id. Web dibuat sebagai gerbang bagi murid yang belajar bersama Mr. Bams di SMP Taruna Bakti Bandung (terletak di Jl LLRE Martadinata No 52 Bandung) belakang Gedung Sate. Tujuan mempunyai web  salah satu cara :

1. Menunjukkan identitas digital (nasionalisme) dengan DOT ID (Indonesia)

2. Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital

3. Dibiayai oleh sertifikasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara bahwa dana digunakan untuk mendukung kegiatan penujang guru.

4. Tempat menyimpan atau menyalurkan hobi menulis apa pun


            Salah satu konten web yang dimiliki oleh pak bambang adalah refleksi diri, menurut beliau sebagai guru refleksi diri yang dituliskan oleh murid sangatlah penting. Murid setiap mengakhiri pembelajaran (5-10 menit) mengisi form yang sudah dibuatkan. Isi dari refleksi adalah pertanyaan yang harus dijawab murid yaitu Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.


Refleksi diri adalah suatu proses di mana seseorang secara sadar memperhatikan dan mengevaluasi pengalaman dan tindakan mereka untuk memahami diri sendiri dan memperbaiki diri. Refleksi diri memiliki banyak manfaat dan cukup penting untuk pengembangan pribadi seseorang. Menurut John Dewey, refleksi diri merupakan proses belajar yang penting dalam memperoleh pengalaman baru dan meningkatkan kualitas tindakan. Menurut Chris Argyris, refleksi diri membantu seseorang untuk memahami dan mengenali perilaku mereka, sehingga mereka dapat mengubahnya atau memperbaikinya jika diperlukan.

Secara keseluruhan, refleksi diri penting untuk pengembangan pribadi siswa dalam pembelajaran karena dapat membantu mereka untuk memahami diri mereka sendiri dengan lebih baik dan  meningkatkan kualitas tindakan yang dilakukan. Setelah siswa mengisi refleksi diri data akan direkam dan masuk ke google spredsheet, kemudian dipindahkan ke exel dan diurutkan lalu dicopy ke word untuk dirapikan  dan dilanjutkan untuk copy ke blog.  Setelah diurutkan maka akan ketahuan murid mana saja yang belum absen dan berapa yang tidak mengisi atau belum kirim tugas. Setiap mengisi saya berikan 10 poin, setiap minggunya saya akumulasikan.


https://penamrbams.id/refleksi-diri-kelas-7a-semester-genap-smp-taruna-bakti-2022-2023/



Contoh hasil refleksi tugas anak : hari ini, kita mempelajari materi tentang Pengertian Masyarakat Digital pada halaman 142-143 dan setelahnya kita menonton sebuah video tentang Cloud Storage di Youtube dan juga mengirim link video-nya di kolom komentar di Pena Mr. Bams. Hari ini pula saya merasa senang karena semuanya lancar tidak ada suatu kendala, hari ini tidak ada masukan dari saya dan semoga hari-hari kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. ・゚Terimakasih・゚ ^•ﻌ^

Berdasarkan hasil tulisan murid ini ada beberapa hal yang bisa kita ketahui dari hasil tulisan ini  yaitu :

1. Materi yang dipejari

2. Aktivitas yang dilakukan apa saja

3. Persaan yang dirasakan oleh murid

4. Karater yang spiritual untuk mengingat Tuhan YME

Tanpa disadari oleh murid mereka sedang dilatih menulis, mempraktikan kemampuan penguasaan materi Bahasa Indonesia. Oleh karena itu Ajaklah murid kita menulis, hubungkan dengan mata pelajaran yang kita ampu. Manfaatkan blog untuk media pembelajaran juga.

Blog merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai sarana dokumentasi refleksi diri siswa. Hal ini dikemukakan oleh beberapa ahli pendidikan, di antaranya Dr. Lisa Dawley, seorang profesor di University of North Dakota, mengemukakan bahwa blog dapat digunakan sebagai media untuk merekam refleksi diri siswa. Dalam blog, siswa dapat menuliskan pengalaman-pengalaman yang dialami selama proses pembelajaran, serta merefleksikan pemahaman yang telah diperoleh, siswa dapat melihat perkembangan diri mereka dari waktu ke waktu. Dr. Renee Hobbs, seorang profesor di University of Rhode Island, menyatakan bahwa blog dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan literasi digital siswa, dapat mengasah kemampuan menulis, mempublikasikan karya, dan berkomunikasi secara online, memperkuat keterampilan berpikir kritis dan refleksi diri siswa. sehingga siswa dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang kemajuan belajar mereka.

Kesimpulan dari berbagai pertanyaan yang disampaikan adalah

1.    Fasilitas hyperlink bisa digunakan didalam web agar lebih menarik, blogspot dan wordpress bisa dimanfaatkan sebagai penunjang pembelajaran

2.    Siswa dapat memanfaatkan media blog  sebagai jejak digital dan membantu siswa yang tidak masuk kelas untuk mengetahui materi sebelumnya

3.    Poin refeksi diri digunakan untuk penambahan nilai jika ada siswa yang remedial

4.    Refleksi diri bisa diterapkan dengan berbagai cara tidak harus dengan blog jika untuk kelas rendah di SD, misalnya dengan menuliskan di kertas lalu dipisahkan per pertemuan,  dapat disalin ulang diblog atau difoto dan disimpan di google slide.

5.    Tugas anak yang dikumpulkan di google classroom bisa ada diblog

6.    Untuk pilihan blog ada 2 blogspot atau wordpress untuk daftar bisa lihat di google

7.    Hambatan dalam mengelola blog adalah rasa malas dan kesibukan dalam bekerja


Share:

0 komentar:

Posting Komentar