Rabu, 15 Maret 2023

Hikmah dibalik Peristiwa Peringatan Isra dan Miraj

 


Pada  Hari rabu tanggal 15 Maret 2023 diadakan peringatan hari besar Islam Isra dan Miraj di SMA Negeri1 Cibitung, dengan tema “melalui kegiatan Isra dan Miraj kita bangun generasi remaja yang religius dan beradab”. Penceramah yaitu Dr. Syafrudin mahud, S.Pd.I, M.Pd. Acara diikuti oleh para dewan guru dan siswa siswi SMA Negeri 1 Cibitung.

Wasilahnya pada pagi hari cuaca hujan dari semalam, ketika jam 8an cuaca sudah tidak hujan lagi namun karena tenda belum dipasang sempurna akhirnya dipasang kembali, ada kabar semalam sempat ambruk karena hujan dan lapangan dibersihkan dari sisa-sisa hujan karena mau dihamparkan karpet untuk duduk para siswa.

Alhamdulilah pada jam 09.00 acara dimulai dengan lantunan sholawat dari tim siswa dan siswi, lalu pembacaan ayat suci Al Quran,  dilanjutkan sambutan dari wakil kepala sekolah dan pengawas PAI, dilanjutkan oleh ketua panitia dari siswa dan pembina rohis dan sesi inti yaitu ceramah oleh ustaz. Inti ceramah mengajak para siswa untuk konsisten menjaga sholat 5 waktu dan membiasakan berakhlak baik, baik pada orangtua, guru dan teman-temannya baik yang usia dibawahnya, sepantar dan diatasnya juga menceritakan sejarah dari Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW.

Refleksi pada PHBI Isra Miraj ini dari jumlah siswa siswi SMA Negeri kelas 10,11 dan 12 berjumlah 1200, namun yang hadir setengahnya menandakan ghiroh atau semangat keagamaan remaja belum optimal harus ditingkatkan, tujuannya untuk membiasakan mereka dengan nilai-nilai keislaman sehingga terinternalisasi pada diri mereka dan merasa memiliki Islam sebagai agama yang diyakini kebenarannya dan diamalkan. Walaupun sekolah di negeri tapi mengetahui dan memahami serta mengaplikasikan ajaran agama Islam tidak lupa mengetahui dalil tentang isi ajaran Islam, seperti sholat, puasa dan lainnya.


Share:

1 komentar: