Kamis, 16 Maret 2023

Resensi Film Enola Holmes 1

 


Tahun Rilis               : 2020

Genre                         : Action, adventure, crime, dectective, drama, family, historical,

                                   Mystery

Sutradara                  : Hary Bradbeer

Produksi                    : Legendary pictures, PCMA productions

Negara                       : Amerika Serikat

Durasi                        : 2 jam 3 menit

 

            Film ini sudah cukup lama ditayangkan yaitu tahun 2020, bahkan sudah tayang kembali film keduanya dengan alur cerita yang berbeda namun intinya tidak jauh berbeda, film ini cukup berkesan bagi penyuka film genre dektektif dan misteri yang tidak seram tapi membuat para penonton bertanya-tanya siapa tokoh jahat di alur ceritanya dan bagaimana endingnya. Film apakah itu ya “Enola Holmes" , sebuah film misteri tahun 2020 yang disutradarai oleh Harry Bradbeer dan didasarkan pada novel "The Case of the Missing Marquess" karya Nancy Springer. Film ini mengikuti petualangan Enola Holmes, adik remaja detektif terkenal Sherlock Holmes dan saudaranya, Mycroft.

Film ini tidak kalah menarik dari film tentang Sherlock Holmes walaupun cerita misterinya lebih rumit di film kakanya, Enola (diperankan oleh Millie Bobby Brown) adalah seorang wanita muda cerdas dan mandiri yang dibesarkan oleh ibunya (Helena Bonham Carter) di sebuah rumah di pedesaan. Ketika ibunya menghilang pada ulang tahun ke-16 Enola, dia memutuskan untuk mencari ibunya, menentang keinginan kakak-kakaknya dan norma-norma sosial pada zaman Victoria. Nah dalam perjalanan mencari ibunya, Enola menggunakan kecerdasannya, kemampuan bertahan hidup, dan keterampilan bela diri untuk memecahkan berbagai misteri, termasuk kasus penculikan dan konspirasi pembunuhan hebatnya hal tersebut diajarkan semuanya oleh ibunya. Dia juga bertemu dengan seorang Viscount muda bernama Tewkesbury (Louis Partridge) yang menjadi temannya kemudian menjadi tokoh masyarakat atau dewan perwakilan masyarakat.

            Seiring perjalanan menemukan ibunya, Enola menyadari bahwa  ada misteri/kasus yang harus dipecahkan terkait hilang ibunya dan mister/.kasus lainnya yang saling berkaitan satu sama lain, dan ternyata kasus tersebut lebih kompleks dan berbahaya daripada yang dia pikirkan awalnya. Di lain pihak  Enola harus menyakinkan kedua kakaknya bahwa dia mampu mandiri walaupun masih dipantau oleh keduanya salah satunya dengan menentang untuk disekolahkan di sekolah perempuan. Setelah berbagai hambatan dan tantangan yang dihadapi enola untuk memecahkan berbagai kasus yang berkaitan dengan ibunya sampai-sampai harus terlibat perkelahian secara fisik, dengan bantuan teman ibunya pada akhirnya Enola dapat memecahkan kasus-kasus tersebut dan menyelamatkan Tewkesbury temannya. Akhirnya Enola bertemu dengan ibunya  dan mengetahui kebenaran tentang masa lalu ibunya dan keterlibatannya dalam gerakan hak suara perempuan. Endingnya Enola memutuskan untuk menempuh jalannya sendiri dan melanjutkan memecahkan misteri, menjadi detektif dengan caranya sendiri.

Secara keseluruhan, "Enola Holmes" adalah film dengan alur cerita yang menarik dan pemeran yang memukau, terutama Millie Bobby Brown yang memainkan karakter Enola dengan brilian.  Film ini menghadirkan pesan tentang keberanian, kebebasan, dan kekuatan individu untuk menentukan nasib mereka sendiri khususnya bagi perempuan karena pada era tersebut sepertinya jarang perempuan menjadi dektektif dan mampu menentukan dia mau jadi apa tidak terikat oleh norma sosial pada zaman viktoria disini pera kakanya Sherlock Holmes menjadi figur buat Enola, hal ini membuat film  memiliki nilai yang lebih daripada sekadar hiburan semata.  Film ini memiliki produksi yang baik dengan latar belakang era Victoria yang indah dan detail kostum yang akurat. Ini memberikan nuansa yang tepat bagi penonton untuk merasakan suasana pada masa itu. film yang sangat menarik dan layak ditonton bagi siapa saja yang menyukai film misteri, petualangan, dan drama. Bagi penggemar film misteri atau penggemar seri film ini layak ditonton, Kekurangannya hampir tidak ada karena  film tersebut seru dan tidak membosankan walaupun ada  alur cerita yang mudah ditebak, tapi over all bagus alur cerita, latar dan akting pemainnya.

 

.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar