Langkah-langkah yang disarankan agar tulisan menjadi buku sistematis sebagai
berikut :
1.
Gunakan
aplikasi agar tulisan naskah buku itu
bisa "sistematis", misalnya Zotero dan Mendeley yang populer di
kalangan mahasiswa dan akademisi atau menggunakan versi gratis Ms Word
2.
Menyimak
dan mempraktekkan tutorial penulisan yang memudahkan penulis untuk membuat buku
misalnya cara memasukan daftar isi, kutipan, daftar pustaka, membuat indeks
pada tulisan, membuat judul bab dan sub bab
3.
Cobalah
maksudnya proses menulis, menyusun dan mengedit naskah buku tidak akan pernah bisa
dan tahu lika-likunya jika tidak pernah mencoba dilakukan
4.
Lakukan
dan praktekkan sekaligus
5.
Budayakan
untuk menulis dan praktek menyusun dan mengedit naskah, membudayakan menulis
adalah proses menuju sebuah karya.
6.
Konsisten
dalam menulis adalah langkah akhir dalam menyusun, mengedit naskah disimpulkan “CLBK”
7.
Untuk
referensi ada banyak cara bisa masuk ke pdfdrive, di sana ada ribuan bahkan
jutaan buku-buku online dengan versi Gratis untuk kita gunakan linknya: https://www.pdfdrive.com/
8.
Cara
menulis buku fiksi dan non fiksi sama langkah-langkahnya, yang membedakan
adalah pengisian Indeks dan Daftar Pustakanya.
9.
Aplikasi
menulis paling populer di android adalah Wattpadd. Ibu bisa mencobanya. Atau
bisa juga mencoba Gramedia Writing Project, Writer Tools, Writer Plus,
Novelist, blog kompasiana juga bisa
10.
Metode
menulis buku sedikit berbeda dengan menulis di blog, naskah di blog bisa
dijadikan naskah buku dan naskah buku bisa dijadikan resensi di blog.
11.
Tuliskan
apa yang dipikirkan, dialami jika kurang beraturan tidak masalah, nanti ada
waktu luang tinggal diedit kembali, pakai bahasa sederhana saja, seperti
bahasanya Omjay kalau menulis #renyah
12.
Mulailah
menulis apa adanya, apapun yang ditulis adalah suatu pencapaian yang bagus dan pasti
ada penikmatnya sendiri, setiap tulisan pasti bernilai , hanya menunggu
jodohnya untuk dibaca, seperti tulisan di blog
13.
Untuk
terhindar dari plagiat cantumkan tautan/link tulisan yang ada di blog, jika mau
dibukukan, Konsisten dan luangkan waktu, silahkan satukan dari pengalaman
pribadi dengan referensi dari sumber lain seperti internet, surat kabar,
youtube dll
14.
Menulis
buku apa saja versi UNESCO minimal 40 halaman, disarankan minimal 70 halaman
ukuran kertas A5 untuk buku nonfiksi menggunakan daftar pustaka karena bersifat
ilmiah sementara fiksi tidak wajib, jika diambil dari sumber lain dicantumkan
referensinya
15.
Buatlah
tulisan dengan bahasa yang unik, mudah dipahami, dan urutkan satu bagian ke
bagian agar saling melengkapi, dan percaya diri dengan tulisan sendiri
16.
Untuk
menulis bisa menggunakan aplikasi Writer + di android, Google Docs, namun
sarannya mengetik manual karena lebih efektif
17.
Berikan
apresiasi pada diri sendiri atas hasil karya yang telah selesai dibuat agar
termotivasi untuk kembali berkarya.
18.
Mengambil
semua judul, atau buat judul yang serupa, atau mengutip naskah dari Blog tidak
masalah, tetapi harus mencantumkan tautan artikel blog di Referensi atau catatan kaki
19.
Yakinlah
dengan kemampuan menulis diri sendiri, tuliskan apa saja dan terbitkan bukumu.
Jadilah bagian dari peradaban dunia
0 komentar:
Posting Komentar