Pengawas PAI mempunyai peran yang signifikan dalam peningkatan
kualitas akademik guru PAI. Salah satu tugas pengawas adalah mengevaluasi hasil
kepengawasan. Tujuannya untuk menentukan apakah program yang sudah diagendakan
berjalan sesuai rencana atau tidak,
tolak ukur keberhasilan program kepengawasan yang digulirkan terhadap guru PAI
dapat terlihat dari tujuan kepengawasan dan tugas-tugas yang dikerjakan oleh
guru apakah dilaksanakan atau belum, berapa jumlah guru yang melaksanakan dari
jumlah total guru binaan.
Evaluasi proses
kepengawasan bisa dilaksanakan secara periodik satu semester sekali atau
perbulan. Kata kuncinya adalah instrumen atau kriteria kepengawasan. Evaluasi hasil pelaksanaan kepengawasan
dilaksanakan minimal persemester untuk menentukan keefektifan program dengan membuat laporan hasil, namun untuk proses
maksimal satu bulan sekali harus dievaluasi. Dengan kecanggihan teknologi
proses evaluasi bisa dilaksanakan secara online melalui google form, zoom dan
lainnya.
Pengawas
PAI harus berusaha mengikuti perkembangan zaman dengan era revolusi industr
4.0, berbagai program kepengawasan coba digulirkan untuk peningkatan mutu
pembelajaran PAI melalui optimalisasi bahan ajar berbasis teknologi, karena
hasil kuesioner evaluasi pembelajaran semester 1 kemarin hasilnya guru PAI yang
menggunakan teknologi dari 48 guru yang mengisi kuesioner 60%, padahal dengan
munculnya berbagai flatform digital seperti youtube, google, instagram, tiktok
, blog dan lainnya akan menjadi media yang potensial dalam memberdayakan
pengetahuan keagamaan khususnya Islam yang disajikan secara lebih menarik dan
interaktif pada siswa, dengan pembuktian bahwa agama itu fun dan tidak
menyusahkan, bahkan memberi kita pedoman mana yang baik mana yang tidak dan itu
terbukti kebenarannya secara akal dan wahyu.
0 komentar:
Posting Komentar