Selasa, 06 Juni 2023

Antisipasi bias dalam penilaian melalui metode statistik Multifacet Rasch Model (MFRM).

 


Melibatkan penilai lain untuk memverifikasi atau membantu penilaian dalam menilai tes siswa dapat mengurangi damfak bias dalam penilaian (Kane, 2006)(Popham, 2013). Pada waktu diterapkan Ujian Nasional, ketika menilai hasil tes siswa hasil penilaian akan diverifikasi oleh dua guru/penilai fungsinya untuk mengantisipasi adanya bias dan mengurangi subjektiitas dalam menilai terutama soal uraian. Setelah UN dihilangkan dan adanya tes sumatif atau penilaian akhir semester maka kegiatan tersebut jarang dilakukan karena sekolah atau guru diberikan kewenangan untuk membuat kisi-kisi dan soal sendiri serta memeriksa hasilnya. Namun hal tersebut masih dilakukan ketika menjadi penilai/juri dalam suatu kompetensi , ada penilai 1 dan 2 tujuannya sama untuk mengurangi damfak bias atau subjektivitas penilai dalam menilai peserta lomba. Selain itu harus ada rubrik penilaian karena dapat memberikan pedoman  dalam mendeskripsiskan kompetensi/kinerja yang diharapkan.

Selain cara di atas ada metode lain yang dapat digunakan untuk mengantisipasi bias dalam penilaian yaitu melalui metode statistik oleh Multifacet Rasch Model (MFRM). MRFM  adalah sebuah metode statistik yang digunakan untuk mengukur dan mengantisipasi bias dalam penilaian, sehingga memungkinkan penilai untuk menilai  lebih objektif dan adil dengan mengidentifikasi dan mengurangi faktor-faktor bias yang dapat mempengaruhi penilaian. MPRM  lebih banyak digunakan dalam penelitian oleh  mahasiswa atau dosen,  untuk kalangan guru di sekolah tidak familiar dengan metode tersebut. MFRM termasuk pengukuran modern dengan menggunakan sofware facet, cara menginfut data hasil penilaian sedikit rumit namun hasil deskripsinya termasuk lengkap dalam menafsirkan hasil penilaian.

MFRM bekerja dengan memperhatikan beberapa komponen atau "fasets" yang dapat mempengaruhi hasil penilaian. Fasets ini dapat mencakup karakteristik siswa, soal tes, dan penilai/guru. Dengan menganalisis respons siswa pada setiap fasets, MFRM memungkinkan penilai/guru untuk memperoleh informasi yang lebih rinci tentang kinerja siswa dan mengidentifikasi kemungkinan adanya bias dalam penilaian dan dapat menghasilkan skor yang lebih obyektif  serta dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi penilaian, sehingga memungkinkan guru/penilai untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian yang diperlukan untuk mengurangi atau menghilangkan bias dalam penilaian (Linacre, 1989) (Wright, & Linacre, 1994). MFRM ini jika dipraktekkan dalam penilaian kinerja siswa oleh guru akan menghasilkan data yang signifikan untuk tindak lanjut dan refleksinya.

Dalam Multifacet Rasch Model (MFRM), bias mengacu pada adanya ketidaksesuaian atau penyimpangan dalam estimasi kemampuan individu atau karakteristik item yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang tidak relevan dengan kemampuan sebenarnya atau karakteristik item yang diukur. Ada beberapa jenis bias yang perlu diperhatikan yaitu Bias item/soal, hal ini terjadi ketika item/soal dalam tes memiliki pengaruh yang tidak proporsional terhadap kemampuan individu yang diukur, contohnya ada item/soal tes yang cenderung memberikan hasil yang lebih tinggi kepada satu kelompok siswa daripada kelompok lainnya, walaupun keduanya memiliki kemampuan yang sama. Bias respon maksudnya ketika faktor-faktor non-kemampuan individu mempengaruhi respons siswa terhadap item/soal, contohnya bias ini dapat terjadi apabila siswa terpengaruh oleh faktor kecemasan, persepsi sosial, atau bias budaya ketika memberikan respons terhadap item/mengisi instrumen. Bias grup terjadi ketika hasil penilaian cenderung memiliki perbedaan sistematis antara kelompok siswa tertentu, misalnya karena ada perbedaan dalam perlakuan, akses terhadap sumber daya, atau pengalaman pendidikan antara kelompok  siswa (Wright & Masters, 1982)(Hambleton,  Swaminathan & Rogers, 1991).

Hal yang penting untuk dilakukan adalah mengidentifikasi dan mengurangi bias dalam MFRM, tujuannya untuk memastikan penilaian yang akurat dan adil. Langkah-langkah yang dapat diambil yaitu melakukan analisis item, memeriksa kinerja item, dan mengidentifikasi item yang cenderung memunculkan bias serta menganalisis perbedaan item plus analisis DIF (Differential Item Functioning) dapat digunakan untuk mengidentifikasi item yang dapat menyebabkan bias antara kelompok siswa tertentu (ibid., et.al).

.

Referensi:

Linacre, J. M. (1989). Many-Facet Rasch Measurement. Chicago, IL: MESA Press.

Wright, B. D., & Linacre, J. M. (1994). Reasonable mean-square fit values. Rasch Measurement Transactions, 8(3), 370.

Wright, B. D., & Masters, G. N. (1982). Rating scale analysis. MESA Press.

Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, H. J. (1991). Fundamentals of item response theory (Vol. 3). Sage Publications.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar