Memasuki tahun ajaran baru 2023/2024 banyak hal yang
mulai dipersiapkan guru PAI untuk memasuki awal pembelajaran di semester ganjil
ini, salah satunya yaitu perangkat perencanaan
pembelajaran. Perencanaan pembelajaran merupakan proses menyusun
rencana dan strategi pembelajaran yang terstruktur dan sistematis untuk
mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Berikut beberapa pendekatan
perencanaan pembelajaran menurut beberapa ahli yaitu Tyler (1949) pendekatan perencanaan pembelajaran Tyler terdiri
dari empat pertanyaan pokok: Apa tujuan yang ingin dicapai?, Apa saja pengalaman pembelajaran yang harus diatur?, Bagaimana cara mengorganisasi pengalaman
pembelajaran?, Bagaimana cara menilai
pencapaian tujuan?.
Gagne (1965) Robert seorang psikolog pendidikan yang mengembangkan "Hirarki Tujuan pembelajaran", pendekatan perencanaan pembelajaran Gagne mencakup
tahap-tahap berikut: menarik perhatian peserta didik, menyajikan tujuan pembelajaran, merangsang pengetahuan awal, menyajikan materi pembelajaran, membimbing penguasaan (acquisition) informasi, memberikan umpan balik, menguji penguasaan, mendorong transfer pengetahuan.
Dick dan Carey (1978) mengembangkan model sistematis untuk perencanaan
pembelajaran yang dikenal sebagai "Model Dick dan Carey", langkah-langkahnya sebagai berikut: analisis tujuan pembelajaran, analisis peserta didik, mengidentifikasi keterampilan dan tugas pembelajaran, mengembangkan rencana pembelajaran, mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, mendesain dan mengatur pengajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai dan mengoreksi pembelajaran.
Berdasarkan Peraturan Menteri
Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 16 tahun 2022 tentang standar
proses memberikan penjelasan yang signifikan tentang perangkat pembelajaran. Standar Proses adalah kriteria minimal proses
pembelajaran berdasarkan jalur, jenjang, dan jenis pendidikan untuk mencapai
standar kompetensi lulusan, Standar Proses digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan proses
pembelajaran yang efektif dan efisien untuk mengembangkan potensi, prakarsa, kemampuan, dan kemandirian Peserta Didik secara optimal yang meliputi: a. perencanaan pembelajaran b. pelaksanaan pembelajaran dan c. penilaian proses
pembelajaran.
Menurut Pasal 3 (1) Perencanaan pembelajaran adalah aktivitas untuk merumuskan: a. capaian pembelajaran
yang menjadi tujuan belajar dari suatu unit pembelajaran; b. cara untuk
mencapai tujuan belajar; dan c. cara menilai ketercapaian tujuan belajar. Dalam Pasal 4 Dokumen perencanaan pembelajaran
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3) paling sedikit memuat: a. tujuan
pembelajaran; b. langkah atau kegiatan pembelajaran; dan c. penilaian atau
asesmen pembelajaran.
Perencanaan pembelajaran jika dihubungkan dengan kurikulum
merdeka berfungsi sebagai rambu-rambu bagi guru untuk melaksanakan
pembelajaran di kelas, pedoman pembelajaran bagi Guru, tolak ukur kebehasilan pembelajaran di kelas, media untuk
meningkatkan profesionalisme guru, alat untuk memudahkan guru dalam
memfasilitasi pembelajaran (Sugiyanto & Yurita Erviana, 2022).
Terdapat tujuh tahapan perencanaan pembelajaran dan
asesmen kurikulum merdeka yaitu :
1.Menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) untuk menyusun tujuan
pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran
2. Perencanaan dan pelaksanaan
asesmen diagnostik
3. Mengembangkan modul ajar
4. Penyesuaian pembelajaran dengan tahap capaian dan karakteristik
peserta didik
5. Perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan asesmen formatif dan sumatif
7. Evaluasi pembelajaran dan asesmen
(https://ditsmp.kemdikbud.go.id/tujuh-tahapan-perencanaan-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka/) (Panduan
Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, 2021)
Referensi:
Tyler, R. W. (1949). Basic
principles of curriculum and instruction. University of Chicago Press
Gagne, R. M. (1965). The
Conditions of Learning. Holt, Rinehart, & Winston.
Dick, W., & Carey, L. (1978). The
Systematic Design of Instruction. Scott, Foresman & Company.
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN,
KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2022 TENTANG
STANDAR PROSES PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN
JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
Bambang Sugiyanto , Yurita
Erviana (2022). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Model Merdeka-Belajar Berorientasi
Kearifan Lokal Untuk Mahasiswa Calon Guru PAUD .Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Vol. 10, No. 2, Tahun 2022, pp. 302-311
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/tujuh-tahapan-perencanaan-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka/
Panduan Jenjang Pendidikan Dasar
dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA) Kemendikbud. 2021
0 komentar:
Posting Komentar