Senin, 24 Juli 2023

Pendampingan Penyusunan Perencanaan Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka Untuk SMK kelas 10

 


Pada hari sabtu tanggal 22 Juli 2023 diadakan MGMP PAI SMK di SMKS Gelora Industri untuk membahas perangkat pembelajaran PAI SMK kelas 10. Peserta terdiri dari guru PAI SMK sebanyak 10 orang, acara di buka oleh ketua MGMP PAI SMK Supendi S.Pd.I, kepala SMKS Gelora Industri Nurjanah S.E dan perwakilan dari Pokjawas Kab.Bekasi Hj. Pupung Muplihah M.Si, dengan nara sumber perwakilan dari Pokjawas Dr. Yuni.

Pelatihan penyusunan perangkat ajar kurikulum merdeka ini urgen untuk dilaksanakan karena implementasi kurikulum merdeka di berbagai jenjang sudah dilaksanakan termasuk di SMK, maka adanya perangkat pembelajaran kurikulum merdeka mulai dari jam efektif, program tahunan, program semester, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar harus dimiliki oleh guru PAI sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas dan asesmen yang akan dilaksanakan.

 Penyusunan perangkat ajar kurikulum merdeka yang sesuai dengan jam efektif tidaklah mudah, buruh kesungguhan dan kerja sama yang baik antara guru PAI SMK yang ditugaskan untuk menyusun ulang perangkat bahan ajar. Program pelatihan ini baiknya regular dilaksanakan untuk mereview bahan ajar yang dimiliki guru. Pelatihan ini diisi oleh narasumber dari perwakilan Pengawas PAI kab.Bekasi harapannya perangkat bahan ajar ini dapat dijadikan pegangan para guru PAI SMK .

Tantangan yang dihadapi guru ketika menyusun modul ajar kurikulum merdeka adalah menganalisis tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran, ketika sudah memetakan tujuan pembelajaran kemudian diuraikan ke alur tujuan pembelajaran maka akan lebih mudah dalam mengembangkan modul ajar. Idealnya setiap tahun ajaran guru harus memetakan jam efektif setiap semester 1 dan 2 dengan melihat jadwal/kalender tahun ajaran terbaru supaya bisa memetakan ke dalam program tahunan dan program semester sehingga pencapaian tujuan pembelajaran lebih efektif disampaikan dan target pemberian materi pun akan tercapai sesuai program.

 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar