Pendidikan
Usia Dini (PAUD) adalah pembelajaran dan pengembangan yang dilakukan pada anak
sejak lahir hingga usia enam tahun. Pada Bab 1 Butir 14 di Sistem Pendidikan
Nasional menegaskan bahwa upaya untuk menciptakan generasi manusia yang
berkualitas harus dimulai sejak dini. Fokus utama dalam pendidikan anak usia
dini mencakup berbagai aspek penting perkembangan anak, yaitu kemampuan fisik,
motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral, dan
nilai-nilai agama. Rentang usia 0-6 tahun ini dikenal sebagai masa golden age
atau masa peka dalam kehidupan seorang anak
Konsep
"golden age" dalam pendidikan usia dini menekankan bahwa periode awal
dalam kehidupan anak-anak itu penting, karena perkembangan otak anak sangat
cepat dan rentan terhadap pengaruh lingkungan serta pengalaman yang mereka
alami, hal ini membuat mereka sangat responsif terhadap stimulasi dan
pengalaman baru. Pada masa golden age merupakan pondasi dasar yang krusial untuk pembelajaran
selanjutnya seperti kemampuan bahasa, kognitif, motorik halus, dan kemampuan
sosial-emosional. Lingkungan fisik, sosial, dan emosional anak akan memiliki
dampak yang besar pada perkembangan mereka oleh karena itu Interaksi dengan
orang tua, guru, teman dan lingkungan belajar yang mendukung dapat memberikan
stimulasi positif yang mendukung perkembangan yang optimal. Kualitas pengalaman
yang dialami anak-anak pada masa golden age dapat berpengaruh jangka panjang
terhadap kemampuan akademik, sosial, dan adaptasi mereka di masa depan
Konsep
golden age ini memberikan landasan penting bagi pendidik dan orang tua untuk
memahami betapa pentingnya peran stimulasi dan interaksi yang akan mendukung
dalam pembentukan masa depan anak-anak secara optimal. Oleh karena itu
pembelajaran di PAUD dirancang untuk mengembangkan anak secara menyeluruh yang mencakup
perkembangan fisik seperti motorik kasar dan halus, perkembangan kognitif yang
mencakup kemampuan berpikir dan memecahkan masalah, serta perkembangan bahasa,
sosial-emosional, moral, dan spiritual. Pendidikan usia dini menekankan
pembelajaran melalui bermain karena bermain dianggap sebagai cara paling
efektif bagi anak-anak untuk belajar, mengeksplorasi, bereksperimen, dan
memahami dunia di sekitar mereka. PAUD bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak
memasuki pendidikan formal dengan keterampilan dasar yang diperlukan di
sekolah, termasuk keterampilan membaca, menulis, menghitung, dan keterampilan
sosial. PAUD juga fokus pada pengembangan karakter anak seperti penanaman
nilai-nilai moral, etika, dan agama sesuai dengan konteks budaya dan keyakinan
masing-masing anak. Pendidikan usia dini harus melibatkan peran aktif orang tua
supaya menciptakan lingkungan belajar yang konsisten antara rumah dan sekolah.
PAUD idealnya juga menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan
menyenangkan yang mendukung pembelajaran dan eksplorasi anak
Konsep
PAUDQU (Pendidikan Anak Usia Dini Al
Quran). Konsep ini menekankan integrasi antara pendidikan agama Islam dengan
pembelajaran perkembangan anak usia dini. PAUDQU memadukan pendidikan formal dengan
pendidikan agama Islam artinya anak-anak diperkenalkan dengan nilai-nilai agama
Islam sejak dini melalui metode yang sesuai dengan tingkat perkembangan mereka.
Tujuannya sama untuk mengembangkan anak secara holistik, meliputi aspek
spiritual, intelektual, emosional, dan fisik. Pendidikan agama pada PAUDQU tidak
hanya menjadi tambahan tetapi menjadi bagian integral dari proses
pembelajaran. PAUDQU mendorong pembentukan karakter dan moral anak-anak
berdasarkan nilai-nilai Islam yang meliputi tentang akhlak mulia, toleransi,
dan kepedulian sosial. Selain pendidikan agama, PAUDQU juga memberikan ruang
untuk pengembangan kreativitas anak-anak melalui berbagai aktivitas yang
menstimulasi kemampuan motorik, bahasa, dan kognitif mereka
Daftar
Pustaka
Berk, L. (2009). Child Development. Pearson
Education.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2014). Pedoman
Pendidikan Anak Usia Dini di Pondok Pesantren.
Rahmah, K. N., Nirmala, I., & Munafiah, N.
(2023). Penggunaan Media Flashcard Huruf Hijaiyah untuk Mengenalkan Huruf
Hijaiyyah Anak Usia 5-6 Tahun di PAUDQU Al-Amanah karawang. Jurnal PAUD
Agapedia, Vol.7 No. 2 Desember 2023 , 234-241.
Shonkoff, J., & Phillips, D. (2000). From
Neurons to neighborhoods The science of early chilhood development.
Natonal Academis Press.
Masyaallah...penanaman banyak ilmu di usia emas.
BalasHapusLuar biasa....
Masya Allah tabarakallah..
BalasHapus