DESAIN
EKSPERIMEN
ANALISIS
KOVARIANS (ANKOVA)
SATU JALUR DAN DUA JALUR
Disusun Sebagai Tugas
Mata Kuliah
Metodologi Penelitian
Dosen Mata
Kuliah :
Dr. Wardani Rahayu
Disusun
oleh :
YUNI ASDHIANI ( 9031917008 )
Program
Studi : Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2017
ANALISIS
KOVARIANS SATU JALAN (ANKOVA)
1. Tujuan :
Untuk mengetahui
pengaruh metode pembelajaran PAI terhadap
kemampuan
berfikir kritis siswa, untuk
mengetahui kondisi awal maka sebelum perlakuan dengan metode pembelajaran, baik
kelompok eksperimen maupun kelompok pembanding diberi pre test. Data hasil
penelitian disajikan pada table berikut:
A1
=Metode Problem Based
Learning
|
A2
= Discovery
|
A3
= Proyek based learning
|
X
= Pre-test
|
Y= Kemampuan Berpikir
Kritis
|
A1
|
A2
|
A3
|
A1
|
A2
|
A3
|
Jumlah
|
||||||||||||||||||||||||
X
|
Y
|
X
|
Y
|
X
|
Y
|
X.Y
|
X.Y
|
X.Y
|
X.Y
|
|||||||||||||||||||||
4
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
20
|
20
|
16
|
56
|
|||||||||||||||||||||
4
|
6
|
4
|
6
|
4
|
4
|
24
|
24
|
16
|
64
|
|||||||||||||||||||||
5
|
7
|
5
|
6
|
5
|
5
|
35
|
30
|
25
|
90
|
|||||||||||||||||||||
5
|
7
|
6
|
6
|
5
|
5
|
35
|
36
|
25
|
96
|
|||||||||||||||||||||
6
|
8
|
6
|
7
|
6
|
6
|
48
|
42
|
36
|
126
|
|||||||||||||||||||||
7
|
8
|
7
|
7
|
6
|
7
|
56
|
49
|
42
|
147
|
|||||||||||||||||||||
8
|
9
|
8
|
9
|
7
|
7
|
72
|
72
|
49
|
193
|
|||||||||||||||||||||
8
|
9
|
8
|
8
|
7
|
8
|
72
|
64
|
56
|
192
|
|||||||||||||||||||||
362
|
337
|
265
|
964
|
|||||||||||||||||||||||||||
Tabel Kerja
|
||||||||||||||||||||||||||||||
A1
|
A2
|
A3
|
Jumlah
|
|||||||||||||||||||||||||||
X
|
Y
|
X
|
Y
|
X
|
Y
|
X
|
Y
|
|||||||||||||||||||||||
N
|
N
|
8
|
8
|
8
|
8
|
8
|
8
|
24
|
24
|
|||||||||||||||||||||
47
|
59
|
48
|
54
|
44
|
46
|
139
|
159
|
|||||||||||||||||||||||
295
|
449
|
306
|
376
|
252
|
280
|
853
|
1105
|
|||||||||||||||||||||||
18,875
|
13,875
|
18
|
11,5
|
10
|
15,5
|
46,875
|
40,875
|
|||||||||||||||||||||||
5,875
|
7,375
|
6
|
6,75
|
5,5
|
5,75
|
5,79167
|
6,625
|
|||||||||||||||||||||||
362
|
337
|
265
|
964
|
|||||||||||||||||||||||||||
15,375
|
13
|
12
|
40,375
|
|||||||||||||||||||||||||||
a. Jumlah Perkalian (JP)
=43,125
=46,875
=1,083
c. Jumlah Kuadrat Variabel Respon Y
(Jky)
|
=51,625
|
=40,875
=10,75
|
d. Menentukan Jky dikoreksi (Jkres),
dengan langkah-langkah :
|
|
1. Menentukan koefisien regresi Y atas X
(bxy)
|
|
=0,899
=0,861
=2,538
2. Menentukan Jkreg untuk berbagai
sumber varians
|
=34,776
=4,002
3. Menentukan Jumlah Kuadrat Y residu
(Jkres)
=6,098
e. Menentukan derajat bebas (db)
|
=2
f. Menghitung Rata-Rata Jumlah kuadrat
Residu (JK residu)
=3,373
g.
Menentukan harga F-hitung (Fo)
=11,063
dan
F tabel = F(0,05)(2,20)=3,49
|
||||||
Fhitung
> Ftabel, maka Ho ditolak.
|
||||||
Sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir
kritis PAI
|
||||||
antara
siswa yang diajar dengan metode PBL, metode discovery dan proyek based
learning setelah
|
||||||
mengontrol
pre-test.
|
||||||
ANALISIS KOVARIANS DUA JALAN
(ANKOVA)
1. Tujuan :
Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran PAI
terhadap kemampuan berfikir kritis siswa,
Sehingga to (A1,A2) = 2,319 > ttab =
1,67, Ho ditolak.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Maka kemampuan hasilbelajar siswa yang
diajar dengan metode PBL
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
tinggi dari siswa yang diajar dengan
metode discovery setelah mengontrol pengaruh IQ siswa.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
UJI LANJUT ANAVA:
Bila hasil Anava menunjukkan
Ho ditolak, maka perlu dilakukan uji lanjut Anava atau uji rata-rata sesudah
Anava. Uji lanjut tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai
berikut:
I.
KONTRAS
ORTOGONAL
Jika perbandingan atau
kontras mengenai rerata perlakuan (kelompok) telah direncanakan sebelum
eksperimen, maka dilakukan dengan metode kontras orthogonal. Dalam hal ini,
jumlah kontras tidak boleh melebihi dk antar kelompok yaitu k-1.
Definisi :
1.
Kontras antara
rerata perlakuan (kelompok) ci untuk sejumlah perlakuan
ci = ci1 + ci2
+ … + cik
dengan syarat : ci1
+ ci2 + … + cik = 0, atau Scij = 0
2.
Dua kontras cp
dan cq dikatakan kontras orthogonal, jika :
Dengan syarat :
Contoh
:
Ada 4 perlakuan (waktu
pemberian pengajaran), yaitu : pagi, siang, sore dan malam. Maka dk antar
perlakuan (kelompok) = 4 – 1 = 3. Karenanya kita hanya dapat membentuk kumpulan
kontras paling banyak 3 buah, misalnya sebagai berikut:
c1 = x1 - x4
c2 = x2 – x3
c3 = x1
– x2 – x3 + x4
c1, c2,
dan c3 masing-masing merupakan sebuah kontras karena jumlah
koefisien untuk ci (i = 1, 2, 3) masing-masing sama dengan nol. Kontras c1
membandingkan antara rerata kelompok (perlakuan) I dan IV, kontras c2
membandingkan antara rerata kelompok (perlakuan) II dan III, dan kontras c3
adalah membandingkan antara rerata perlakuan I dan IV dengan rerata perlakuan
II dan III.
Dan untuk melihat apakah c1,
c2 dan c3 tersebut membentuk kontras ataukah tidak maka
perlu kita susun daftar koefisien kontras sebagai berikut:
Mean (Rerata)
|
||||
+1
0
+1
|
0
+1
-1
|
0
-1
-1
|
-1
0
+1
|
|
Jumlah hasil kali
koefisien-koefisien c1 dan c2 adalah :
(+1)(0)+(0)(+1)+(0)(-1) +(-1)(0) = 0, sehingga c1 dan c2
merupakan kontras orthogonal (karena Scij = 0). Demikian pula c1 dan c3,
serta c2 dan c3 juga membentuk kontras orthogonal. Dengan
demikian c1, c2 dan c3 ketiga membentuk
kumpulan kontras orthogonal.
Jumlah kuadrat kontras atau
JK(ci) dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:
|
|
nj = jumlah data pengamatan untuk tiap perlakuan (kelompok) yang
dibandingkan
Harga RJK (ci) untuk tiap
kontras ditentukan dengan membagi JK(ci) oleh dk kontras yang besarnya satu.
Harga F(ci) dihitung dengan membagi RJK(ci) dengan RJK dalam (error) yang
mempunyai dk = k(nj-1) = S(nj-1)=N-k, sehingga diperoleh :
|
|
Harga F(ci) tersebut
digunakan untuk menguji hipotesis null sebagai berikut:
Ho : ci = 0
Kriteria : tolak Ho : ci =
0, jika F(ci) > Ftabel atau Fa;(1, N-k), dan dalam hal lainnya Ho diterima.
Contoh
: Akan kita gunakan pengujian dengan kontras orthogonal untuk menguji perbedaan
rerata diantara 4 waktu pemberian pengajaran (perlakuan). Dalam hal ini, dk
antar perlakuan (kelompok) = 3, sehingga dapat disusun tiga kontras sebagai
berikut:
c1 = x1 - x4 c11 = +1 dan c14
= -1
c2 = x2 – x3 c22
= +1 dan x23 = -1
c3 = x1
– x2 – x3 + x4 c31
= +1 ; c32 = -1 ; c33 = -1 ; c34 = +1
Selanjutnya, rumusan
hipotesis nullnya sebagai berikut:
(1)
Ho1 :
c1 = 0 ® Ho1 : m1
= m4, yakni membandingkan antara efek waktu pengajaran
pagi dan malam.
(2)
Ho2 :
c2 = 0 ® Ho2 : m2
= m3, yakni membandingkan antara efek waktu pengajaran
siang dengan sore.
(3)
Ho3 :
c3 = 0 ® Ho3 : m1
+ m4
= m2 +
m3, yakni membandingkan antara rata-rata efek waktu
pengajaran pagi dan malam dengan rata-rata efek pengajaran siang dan sore.
Dari perhitungan Anava di
atas diperoleh :
;
;
;
. Dengan n = 5
(untuk masing-masing perlakuan/kelompok), maka dengan menggunakan rumus (3)
diperoleh :
Berdasarkan tabel rangkuman
Anava telah diperoleh harga RJKD = 15,825 dengan dk dalam = 16, maka dengan
rumus (4) akan dapat dihitung harga F(ci) sebagai berikut:
Dengan a = 0.05 maka dari daftar distribusi F diperoleh harga Ftabel
= F(1-a);( υ1,
υ2) = F0.05;(1,16)
= 4.49. oleh karenanya
F(c1) =
36,499 > Ftabel Þ Ho1 : m1 = m4 ditolak
F(c2) =
34,603 > Ftabel Þ Ho2 : m2 = m3 ditolak
F(c3) =
0,619 > Ftabel Þ Ho3 : m1 + m4 = m2 + m3 diterima.
Kesimpulan: terdapat
perbedaan yang berarti antara hasil pengajaran yang diberikan pagi dan malam,
serta antara siang dan sore. Sedangkan
rata-rata hasil pengajaran pagi dan malam dengan rata-rata hasil
pengajaran siang dan sore tidak terdapat perbedaan yang berarti.
II.
PENGUJIAN RERATA SESUDAH
ANAVA
Jika
pengujian perbandingan rerata antar perlakuan (kelompok) tersebut tidak
direncanakan sebelum eksperimen
dilakukan, maka dilakukan dengan metode yang khusus, diantaranya adalah : (1)
Uji Rentang Newman Keuls; dan (2) Uji Scheffe.
A.
Uji Rentang Newman-Keuls
Uji
rentang Newman Keuls ini digunakan untuk menguji perbedaan rerata antara dua
perlakuan (kelompok) yang saling dipasang-pasangkan (uji joli). Dalam hal
ini, pembandingan diantara rerata perlakuan berjumlah k/2 (k-1).
Adapun
langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.
Susunlah k buah rata-rata kelompok
(perlakuan) menurut urutan nilainya dari rerata yang paling kecil sampai rerata
yang terbesar.
2.
Berdasarkan perhitungan Anava di
muka ambil harga RJK dalam /error beserta dk-nya.
Hitunglah simpangan baku rata-rata untuk tiap
perlakuan (kelompok) dengan
3.
rumus sebagai
berikut:
|
|
4.
Gunakan daftar
rentang student (Daftar E dalam Sudjana, 1989), untuk a tertentu. Harga untuk Uji Newman Keuls diambil untuk
υ = dk dalam kelompok (error) dan untuk p = 2, 3, …, k. harga-harga yang diperoleh
untuk setiap pasangan υ dan p tertentu adalah sebanyak (k – 1) buah.
5.
Kalikan
harga-harga yang diperoleh dari Daftar Rentang Student (Daftar E) untuk setiap
pasangan υ dan p tersebut dengan
-nya
masing-masing sehingga diperoleh apa yang disebut Rentang Signifikansi Terkecil
(RST)
6.
Kemudian
bandingkan (konsultasikan) harga-harga berikut dengan RST:
a.
Selisih rerata
terbesar – rerata terkecil dengan RST untuk p = k – 1.
b.
Selisih rerata
terbesar – rerata terkecil kedua dengan RST untuk p = k – 1.
c.
Selisih rerata
terbesar kedua – rerata terkecil dengan RST untuk p = k – 1.
d.
Selisih rerata
terbesar kedua – rerata terkecil kedua dengan RST untuk p = k – 2 dan seterusnya sehingga dperoleh
sebanyak 1/2k (k – 1) buah pasangan rerata yang dibandingkan.
Kriteria: Jika
selisih/perbedaan dua harga rerata yang dipasangkan tersebut lebih besar
daripada harga RST-nya masing-masing, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang berarti antar kedua harga rerata perlakuan (kelompok) yang
dibandingkan tersebut.
Contoh :
Akan kita uji perbedaan
diantara rerata hasil pengajaran yang diberikan pada waktu pagi, siang, sore
dan malam sebagaimana telah dianalisis dengan Anava di atas. Dengan uji Newman
Keuls akan diuji rerata kelompok mana saja yang berbeda, yakni sebagai berikut:
1)
Rerata perlakuan
(kelompok) disusun dari yang terkecil sampai yang terbesar
Rerata : 42,0 43,6 57,2 58,4
Perlakuan : 4 3 1 2
2)
Dari tabel
rangkuman hasil Anava diperoleh harga RJK dalam = RJKD = 15,825 dengan dk = 16
3)
Simpangan baku
rata-rata untuk tiap perlakuan dapat dihitung dengan rumus (5) sebagai berikut:
Oleh karena jumlah sampel
untuk tiap perlakuan (kelompok) sama, yaitu n = 5, maka simpangan baku
rata-rata untuk tiap perlakuan adalah sama, yaitu:
4)
Berdasarkan
Daftar Rentang Student (Daftar E, Sudjana, 1989), dengan υ =16 dan a = 0.05 diperoleh harga-harga sebagai berikut:
p = 2 3 4
Rentang = 3,00 3,65 4,05
5)
Dengan
mengalikan masing-masing harga rentang di atas dengan
maka diperoleh RST untuk tiap p sebagai
berikut:
p = 2 ® RST = 3,00 × 1,779 = 5,337 (untuk p = k – 2)
p = 3 ® RST = 3,65 × 1,779 = 6,493 (untuk p = k – 1)
p = 4 ® RST = 4,05 × 1,779 = 7,205 (untuk p = k)
6)
Mengkonsultasikan perbedaan antara dua rerata
perlakuan yang dipasangkan dengan harga RST masing-masing :
a.
Rerata terbesar
– terkecil : 2 lawan 4 => Ho1 : m2
= m4 = (58,4 – 42,0) = 16,4 > 7,205 ® Ho1 ditolak.
b.
Rerata terbesar
– terkecil kedua : 2 lawan 3 => Ho2 : m2
= m3 = (58,4 – 43,6) = 14,8 > 6,493 ® Ho2 ditolak.
c.
Rerata terbesar
– terkecil ketiga : 2 lawan 1 => Ho3 : m2
= m1 = (58,4 – 57,2) = 1,2 < 5,337 ® Ho3 diterima.
d.
Rerata terbesar
kedua – terkecil : 1 lawan 4 => Ho4 : m1
= m4 = (57,2 – 42,0) = 15,2 > 6,493 ® Ho4 ditolak.
e.
Rerata terbesar
kedua – terkecil kedua : 1 lawan 4 => Ho5 : m1
= m3 ; selisih = (57,2 – 43,6) = 13,6 > 5,337 ® Ho5 ditolak.
f.
Rerata terbesar
ketiga – terkecil : 3 lawan 4 => Ho6 : m3
= m4 = ; selisih
(43,6 – 42,0) = 1,6 > 5,337 ® Ho1 ditolak.
Dari sebanyak ½k (k – 1) = ½
. 4 . (4 – 1) = 6 buah pasangan harga rerata perlakuan yang dibandingkan
berdasarkan uji rerata berpasangan (uji joli) tersebut dapat disimpulkan bahwa:
terdapat perbedaan yang berarti antara hasil pengajaran yang dilakukan pada
waktu siang dan malam, siang dan sore, pagi dan malam serta pagi dan sore.
Sementara itu, perbandingan rerata yang lain, yaitu pagi dan siang serta sore
dan malam tidak memberikan perbedaan yang berarti.
B.
UJI SCHEFFE
Uji Scheffe dilakukan untuk
melakukan perbandingan (kontras) kombinasi dari beberapa perlakuan.
Langkah-langkah yang perlu
ditempuh untuk melakukan Uji Scheffe adalah sebagai berikut:
1)
Susun kontras ci
yang diinginkan lalu hitung harganya.
2)
Dengan a tertentu, dk pembilang : υ1 = k -1 dan dk
penyebut : υ2 = N – k, dicari harga Ftabel yaitu F(1 - a); (υ1,
υ2).
3)
Hitung besaran
A, yakni :
, dimana harga F
yang dimaksud adalah harga Ftabel atau F(1 - a);(k – 1),(N – k) sebagaimana didapat dari langkah 2
di atas.
4)
Hitung
kekeliruan (simpangan) baku untuk tiap kontras yang akan diuji dengan rumus:
|
|
5)
Bandingkan
(konsultasikan harga kontras ci dengan harga A x s(ci).
Kriteria : tolak Ho bahwa
kontras antara rerata yang dibandingkan sama dengan nol, atau Ho : ci = 0, jika
|ci| > A x s(ci), dan dalam hal lainnya Ho diterima.
Contoh:
misalkan berdasarkan hasil perhitungan Anava di muka, kita bermaksud
membandingkan rata-rata efek perlakuan kedua, serta membandingkan efek
perlakuan kesatu dengan rata-rata efek dari tiga perlakuan lainnnya. Maka
kontrasnya dapat dituliskan sebagai berikut:
Nampak bahwa kontras c1 dan
c2 di atas adalah tidak orthogonal (karena Scij ≠ 0). Untuk menguji kedua kontras yang tidak
orthogonal tersebut akan digunakan Uji Scheffe dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
1)
Dari tabel
rangkuman hasil Anava di muka, diperoleh :
;
;
; dan
, maka :
2)
Dari tabel
rangkuman Anava dimuka diperoleh : v1 = 4 – 1 = 3 dan v2
= N – k = 20 – 4 = 16; RJK dalam = 15,825.
Dengan a = 0.05 maka diperoleh harga F0.95 ; (3,16) = 3,24
3)
Maka harga
4)
Harga simpangan
baku untuk masing-masing kontras adalah :
5)
Harga kritik
untuk c1 = A x s(c1) = 3,12 x (2,516) = 7,85.
Maka : |c1| <
A x s(c1) Þ |-1,2| < 7,85 sehingga Ho1 : m1
= m2 diterima (gagal ditolak).
Kesimpulan : bahwa efek
perlakuan kesatu dan efek perlakuan kedua tidak berbeda secara berarti. Dalam
hal ini adalah juga sesuai dengan hasil uji Newman Keuls.
Harga kritik untuk c2
= A x s(c2) = 3,12 x (6,163) = 19,229
Maka harga c2
> A x s(c2) = 27,6 > 19,229
Ho2 : 3m1
= m2 + m3
+ m4 ditolak
Kesimpulan : bahwa efek
perlakuan kesatu mempunyai perbedaan yang berarti dengan rata-rata dari tiga
efek perlakuan lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar