Kamis, 31 Januari 2019

Pelaksanaan Supervisi Klinis PAI di SMP Islam Yaspia Cibarusah


SUPERVISI KLINIS PENGAWAS PAI
Profesionalisme guru bisa dikembangkan dengan melakukan pengawasan yang tepat dan terencana sehingga akan tercipta kepengawasan yang efektif. Pada dasarnya, pengawasan merupakan bagian integral dari keseluruhan proses pendidikan yang ditujukan terutama pada mengembangkan keefektifan kinerja personil sekolah yang terkait dengan tugas utama pendidikan. Pengawasan merupakan faktor penting sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan
Agar pengawas efektif dalam menjalankan peran mereka, Pengawas harus mencoba untuk mempraktekkan suatu desain kepengawasan yang sesuai kebutuhan dan karakteristik guru, pengawas harus mampu memilih dan mencocokkan pendekatan yang sesuai kebutuhan sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan guru dalam hal yang mereka ingin tingkatkan. (Sergiovanni dan Starratt, 2006) . Salah satu model kepengawasan yang dapat diterapkan adalah supervise klinis.
Supervisi klinis adalah proses memfasilitasi pertumbuhan profesional seorang guru, terutama dengan mengamati praktik instruksional guru, memberi guru umpan balik tentang interaksi ruang kelas dan membantu guru memanfaatkan umpan balik itu untuk membuatnya mengajar lebih efektif. Dilaksanakan dalam tiga tahap,  yaitu: konferensi perencanaan, observasi, dan konferensi umpan balik.
Sesuai program kerja kepengawasan semester 2 tahun pelajaran 2018/2019, maka dilaksanakan supervisi kelas melalui teknik supervise klinis pada mata pelajaran PAI bertempat di SMP Islam Yaspia Cibarusah, pada kelas 83 hari Rabu tanggal 30 Januari 2019 dengan GPAI bernama Kamal Abdul Qadir S.Pd.I.
Hal ini dilakukan karena menurut penelitian  bahwa ada efek pengawasan klinis terhadap kinerja pengajaran guru, meningkatkan tingkat pengembangan pengajaran, memungkinkan guru untuk membuat perubahan atau perbaikan dalam praktik mengajar menjadi lebih baik dan lebih efektif lagi, sekolah yang mempraktekkan supervisi klinis reguler mengalami peningkatan efektivitas manajemen kelas, (Arsaythamby Veloo, Mary Macdalena A Komuji, Rozalina Khalid: 2013, Holland and Adam:2002). Diharapkan setelah dilaksanakan supervise klinis ini ada perbaikan dalam pembelajaran guru PAI di kelas dalam implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar