SUPERVISI KLINIS PENGAWAS PAI
Profesionalisme
guru bisa dikembangkan dengan melakukan pengawasan yang tepat dan terencana
sehingga akan tercipta kepengawasan yang efektif. Pada dasarnya, pengawasan
merupakan bagian integral dari keseluruhan proses pendidikan yang ditujukan
terutama pada mengembangkan keefektifan kinerja personil sekolah yang terkait
dengan tugas utama pendidikan. Pengawasan merupakan faktor penting sebagai
upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan
Agar
pengawas efektif dalam menjalankan peran mereka, Pengawas harus mencoba untuk
mempraktekkan suatu desain kepengawasan yang sesuai kebutuhan dan karakteristik
guru, pengawas harus mampu memilih dan mencocokkan pendekatan yang sesuai
kebutuhan sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan guru dalam hal yang
mereka ingin tingkatkan. (Sergiovanni dan
Starratt, 2006)
. Salah satu model kepengawasan yang dapat diterapkan adalah supervise klinis.
Supervisi
klinis adalah proses memfasilitasi pertumbuhan profesional seorang guru,
terutama dengan mengamati praktik instruksional guru, memberi guru umpan balik
tentang interaksi ruang kelas dan membantu guru memanfaatkan umpan balik itu
untuk membuatnya mengajar lebih efektif. Dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: konferensi perencanaan, observasi, dan
konferensi umpan balik.
Sesuai program kerja kepengawasan semester 2 tahun
pelajaran 2018/2019, maka dilaksanakan supervisi kelas melalui teknik supervise
klinis pada mata pelajaran PAI bertempat di SMP Islam Yaspia Cibarusah, pada
kelas 83 hari Rabu tanggal 30 Januari 2019 dengan GPAI bernama Kamal Abdul
Qadir S.Pd.I.
Hal
ini dilakukan karena menurut penelitian
bahwa ada efek pengawasan klinis terhadap kinerja pengajaran guru,
meningkatkan tingkat pengembangan pengajaran, memungkinkan guru untuk membuat
perubahan atau perbaikan dalam praktik mengajar menjadi lebih baik dan lebih
efektif lagi, sekolah yang mempraktekkan supervisi klinis reguler mengalami
peningkatan efektivitas manajemen kelas, (Arsaythamby Veloo, Mary Macdalena A Komuji, Rozalina Khalid: 2013, Holland and Adam:2002). Diharapkan setelah
dilaksanakan supervise klinis ini ada perbaikan dalam pembelajaran guru PAI di
kelas dalam implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI.
0 komentar:
Posting Komentar