Pada abad 21 sebagai era revolusi industri 4.0 selaku
pendidik harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, sebagai
media pembelajaran dan memadukan secara bersamaan dengan kemampuan pedagogi yang
dimiliki guru dan konten pembelajaran yang menarik. Pandangan yang mengintegrasikan
antara konten, pedagogi, dan teknologi dalam konteks pendidikan yang mengarah
terhadap pengembangan pengetahuan disebut sebagai TPACK.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa TPACK mempunyai peran yang sangat penting sebagai bekal guru
dalam pembelajaran PAI, guru PAI yang menguasai TPACK dapat menyajikan
pembelajaran yang inovatif dan kreatif, serta efektif di dalam kelas sehingga
siswa mudah memahami pembelajaran yang
sedang berlangsung, sehingga berdampak pada meningkatnya kualitas pembelajaran PAI
di sekolah (https://www.researchgate.net/publication/348058942_TPACK_SEBAGAI_BEKAL_GURU_PAI_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40)
Berdasarkan hasil penelitian lain pada MAN 1 Sumbawa tentang penerapan pembelajaran PAI
berbasis HOTS dengan menggunakan pendekatan TPACK dapat terlaksana
dengan baik dan efektif, adapun faktor
yang menjadi penghambat penerapan pembelajaran PAI adalah akses
internet masih kurang bagus dan
kurangnya media pembelajaran seperti LCD (https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/6241). Hambatan penerapan TPACK pada pembelajaran mungkin
dialami juga oleh sebagian besar guru PAI yang mengajar di sekolah dengan
keterbatasan sarana dan prasarana serta jarak yang jauh dari perkotaan. Namun hal
tersebut tidak mematikan strategi pembelajaran yang dapat guru lakukan untuk
mencapai tujuan pembelajaran
Apa itu TPACK?, TPACK adalah singkatan dari technological
pedagogical content knowledge, merupakan pengetahuan tentang pentingnya
integrasi antara teknologi dan pedagogik dalam pengembangan konten/bahan ajar
di dunia pendidikan. Mengapa TPACK penting diaplikasikan dalam pembelajaran?, salah satu alasannya yaitu
pendekatan ini diharapkan mampu memberikan arahan baru bagi pendidik tentang cara
mengaplikasikan teknologi di dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran bisa efektif
dan efisien (https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/tpack/)
Ada 3
Unsur utama TPACK yaitu:
1. Teknologi
2.Pedagogik
3.Konten pengetahuan
Moehler dan Mishra merumuskan TPACK ke dalam tujuh tujuh
domain pengetahuan seperti berikut ini.
1. Pedagogical knowledge (PK)
PK atau pengetahuan pedagodik berisi pengetahuan yang
harus dikuasai guru dalam pembelajaran, misalnya metode mengajar, pengelolaan
kelas, merencanakan pembelajaran, penilaian kegiatan siswa, dan sebagainya.
2. Content knowledge (CK)
CK terkait dengan penguasaan materi/bahan ajar yang harus dikuasai guru dalam pembelajaran.
3. Technology knowledge (TK)
TK adalah pengetahuan tentang pentingnya integrasi
teknologi dalam pembelajaran, yang dapat dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran
di kelas.
4. Pedagogical content knowledge (PCK)
PCK merupakan proses
pembelajaran yang akan didesain guru pada perencanaan pembelajaran, yang berisi
tujuan pembelajaran, materi, metode, media, penilaian dan lainnya.
5. Technological content knowledge (TCK)
TCK mengacu pada pemahaman dan pengetahuan seseorang
tentang bagaimana menggunakan teknologi untuk membantu dalam pembelajaran, termasuk
menciptakan atau modifkasi konten pembelajaran menggunakan teknologi.
6. Technological pedagogical knowledge (TPK)
TPK yaitu pengetahuan yang memuat hubungan antara
teknologi dan proses pembelajaran.
7. Technological pedagogical content knowledge (TPACK)
TPACK yaitu integrasi antara ketiga komponen, yaitu
teknologi, pedagogik, dan konten pembelajaran (ibid.et.al).
Penerapan
pendekatan TPACK dapat diaplikasikan
pada RPP/modul ajar yang kita desain yang berisi langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilakukan pada proses pembelajaran di kelas, jika melihat RPP
kurikulum 2013 yang menerapkan berbagai model/metode pembelajaran berbasis
student centered seperti discovery based learning, model pembelajaran inkuiri,
problem based learning, project based learning rata-rata dalam media
pembelajaran sudah menuliskan penggunaan teknologi berbasis IT, artinya RPP
yang dimiliki sudah mengintegrasikan TPACK didalamnya. Jika melihat modul ajar
PAI SMK kelas 10 media pembelajaran yang digunakan menggunakan teknologi
berbasis IT artinya pendekatan TPACK sudah diterapkan.
Hal yang harus ditingkatkan adalah aplikasi real ketika
di kelas, maksudnya ketika di RPP/modul ajar media yang digunakan sudah
berbasis teknologi aplikasi dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan
RPP/modul ajar, jika guru merasa bahwa media pembelajaran mempunyai
keterbatasan tertentu, maka disesuaikan saja namun pada zaman sekarang suatu
keharusan teknologi membantu dalam proses pembelajaran karena mempunyai
kelebihan dibandingkan tanpa menggunakan teknologi, bahan ajar yang akan
disampaikan pada peserta didik lebih menarik dan membantu guru dalam
mengkomunikasikan pembelajaran lebih efektif. Kendala atau hambatan terbesar dalam
penerapan TPACK adalah sarana yang terbatas misalnya LCD, Laptop/komputer dan jaringan
internet apalagi di daerah pegunungan atau daerah yang cukup terpelosok.
0 komentar:
Posting Komentar