Berdasarkan hasil penelitian kegiatan observasi pembelajaran dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan mutu guru khususnya guru PAI perlu dilakukan sebagai bagian dari tupoksi Pengawas PAI dalam supervisi akademik. Tujuannya supaya guru menjadi profesional dan berkompeten. Salah satu agenda kepengawasan adalah mengobservasi pelaksanaan pembelajaran guru PAI. Pada semester dua ini ada dua SMP yang sudah melaksanakan kurikulum merdeka pada semester 1 tahun ajaran 2022.
(GPAI SMPN 8 Cibitung)SMP yang sudah melaksanakan kurikulum merdeka adalah SMPN 4 dan 8 Cibitung. Jenjang yang sudah melaksanakan kurikulum merdeka adalah kelas 7. Ada beberapa hal yang akan disupervisi pengawas mulai dari perencanaan pembelajaran seperti modul ajar, bahan ajar, buku nilai (baik nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan), media pembelajaran. Observasi pembelajaran di kelas yaitu kesesuaian pembelajaran dengan modul ajar. Dan penilaian pembelajaran maksudnya tagihan apa saja yang sudah diberikan ke siswa dan data nilainya.
(GPAI SMPN 8 Cibitung) Ada dua
guru PAI pada SMPN 8 Cibitung yang disupervisi yaitu Nur Khoer dan Anggi, di
SMPN 4 Cibitung yaitu Yunoko dan hasanudin. Berdasarkan hasil perencanaan
pembelajaran yang dimiliki modul ajar pada semester 1 sudah ada, namun untuk
semester 2 ini ada softkopinya namun masih belum diprint, untuk pak Yunoko
sudah diprint bab 1 dan sebagian bab 2. Bahan ajar bagi guru dan siswa ada,
media pembelajaran belum menggunakan media IT karena keterbatasan sarana, media
pembelajaran yang digunakan berupa buku bahan ajar. Untuk penilaian belum
optimal dilaksanakan penilaian sikap belum ada, penilaian pengetahuan sudah
dimiliki, penilaian keterampilan masih belumsesuai format penilaian. Untuk
semester 2 ini ada yang sudah 3 pertemuan ada yang empat pertemuan tetapi nilai
belum lengkap, belum ada nilai sikap, nilai pengetahuan, namun untuk nilai
keterampilan sudah ada yaitu membaca atau hapalan ayat. Dalam modul ajar PAI
SMP kelas 7 format penilaian sudah ada tinggal disesuaikan dengan tujuan
pembelajaran, dan semua asfek penilaian harus ada dalam 1 bab.
(GPAI SMPN 4 Cibitung)
Pelaksanaan proses
pembelajaran yang dilakukan guru di kelas, untuk Nur Khoer belumada modul ajar,
belum menyampaikan tujuan pembelajaran, sudah ada pemantik agar anak bertanya,
ada pembiasaan berupa membaca asmaul husna, guru menguatkan materi, namun siswa
belum berkolaborasi, mengerjakan LK, dan presentasi, refleksi/menyimpulkan
materi oleh sisiwa, fokus penilaian belum ada. Untuk Anggi pembelajaran di
laksanakan di panggung karena keterbatsan kelas
menuju satu shif sekolah berinisiatif membuat satu ruangan seperti
panggung di depan sekolah. Belum ada modul ajar, tujuan pembelajaran belum
disampaikan, belum ada pemantik agar anak bertanya atau berpendapat, belum
nampak pembiasaan, guru belum menguatkan materi (hapalan surat), belum dibentuk
kelompok, belummengerjakan LK, presentasi adanya setoran hapalan surat.
Proses pelaksanaan pembelajaran Yunoko belum
menyampaikan tujuan pembelajaran, namun secara keseluruhan sesuai modul ajar
ada pemantik, dibentuk kelompok, anak-anak diberi lembar kerja untuk dikerjakan,
ada perwakilan untuk presentasi tugas sesuai materi pada pertemuan keempat,
namun untuk tahapan inkuri dalam pembelajaran belumoptimal urutannya. Untuk
hasanudin belum ada modul ajar, belum menyampaikan tujuan pembelajaran, belum
ada pemantik, ada pembiasaan dengan membaca ayat, belum dibentuk kelompok,
belum ada presentasi lebih fokus ke hapalan surat.
Pelaksanaan penilaian
pembelajaran untuk penilaian sikap format sudah ada di modul ajar tetapi belum
di print dan belum ada data hasil nilai pada semester 1 dan semester 2 pada bab
1, untuk penilaian pengetahuan sudah ada pada semester 1, pada bab 1 belum ada
tagihan pengetahuan. Penilaian keterampilan sudah ada yang melaksanakan ada
yang belum, yaitu pada membaca Al Quran dan hapalan surat. Untuk format
penilaian sikap belum dimiliki dengan asfek penilaian yang harus dinilai
kriterianya, namun di modul ajar ada formatnya sehingga bisa dicontoh.
Kesimpulannya pada asfek perencanaan sampai bab 1
mau selesai belum ada modul ajar keculai Yunoko, format penilaian sikap dan
keterampilan belum ada. Pelaksanaan pembelajaran belum menyampaikan tujuan
pembelajaran, belum sesuai modul ajar kecuali Yunoko. Untuk penilaian belum
optimal format dan hasil nilai belum lengkap kecuali yang pengetahuan. Dari
hasil observasi tersebut ada beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti yaitu
mempunyai bahan ajar, perencanaan penilaian, penilaian sikap dan keterampilan
baik format dan pedoman penskoran, pemahaman dan aplikasi model/metode
pembelajaran student center. Tindak lanjut bisa berupa pembinaan baik secara
kelompok atau individu.
terima kasih atas informasinya.
BalasHapusterimakasih om jay, motivator saya untuk menulis setiap hari
BalasHapusTerima kasih atas ilmu dan pengalamannya bu doktor, semoga ibu senantiasa berbagi ilmu dan pengalamannya yang bermanfaat untuk kami.
BalasHapus