Ketika memasuki waktu penilaian harian, penilaian
tengah semester atau penilaian akhir semester seprti saat ini akan memasuki
bulan Juni, dipastikan para siswa akan melakukan penilaian akhir semester baik
unruk jenjang SMA kelas 10 dan 11,
jenjang SMP kelas 7 dan 8 dan jenjang SD kelas 1,2,3,4 dan 5 SD. Melaksanakan penilaian
pembelajaran adalah tupoksi para guru termasuk guru PAI. Menurut Prof.Dr. Djaali
kualitas pembelajaran bisa dilihat dari kualitas penilaian atau istilah
sekarang yaitu asesment.
Menurut para ahli Kualitas pembelajaran
merujuk pada sejauh mana proses pembelajaran efektif dalam mencapai tujuan
pendidikan yang diinginkan. Kualitas pembelajaran mencakup berbagai aspek,
termasuk interaksi guru dan siswa,
desain pembelajaran, lingkungan belajar, penilaian, dan hasil belajar siswa. Seperti apa pembelajaran yang efektif ?, pembelajaran
yang efektif mengacu pada
sejauh mana proses pembelajaran mampu mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Proses pembelajaran yang efektif mampu menghasilkan peningkatan kemampuan dan
pengetahuan siswa sesuai dengan yang diharapkan
Indikator lainnya yang termasuk kualitas pembelajaran
adalah pembelajaran yang melibatkan siswa maksudnya Kualitas pembelajaran mencakup keterlibatan siswa dalam
proses belajar. Siswa yang aktif terlibat dalam pembelajaran akan memiliki
motivasi yang tinggi, berinteraksi secara aktif dengan materi, dan
berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran
Pembelajaran
Berbasis Kompetensi maksudnya
Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dengan mengadopsi pendekatan
pembelajaran berbasis kompetensi
yang menekankan pengembangan keterampilan dan penerapan pengetahuan
dalam konteks nyata, sehingga siswa dapat menghubungkan pembelajaran dengan
kehidupan sehari-hari
Kualitas pembelajaran lainnya terkait dengan keadilan dan
keterbukaan dalam proses pembelajaran maksudnya Setiap siswa harus memiliki kesempatan yang sama untuk
belajar, mendapatkan dukungan yang tepat, dan tidak mengalami diskriminasi
dalam lingkungan pembelajaran (Darling-Hammond, 2010). Secara teori mudah namun aplikasinya
memerlukan kesungguhan dan keterlibatan semua pihak termasuk guru, namun
diyakini semua guru harapannya semua siswa dapat berhasil dalam pembelajarannya
dan mendapat dukungan serta hak yang sama dalam pembelajaran.
Indikator kualitas pembelajaran bisa berbeda
tergantung teori yang disajikan dan referensi yang diambil. Kualitas
pembelajaran dari segi penilaian atau asesmen berkaitan dengan penggunaan
metode penilaian yang akurat, valid, reliabel, dan bermakna dalam mengukur
pencapaian belajar siswa. Validitas penilaian merujuk pada
sejauh mana alat penilaian (misalnya, tes, tugas, proyek) benar-benar mengukur
apa yang seharusnya diukur. Penilaian yang valid memastikan bahwa hasil
penilaian memberikan informasi yang akurat tentang kemampuan dan pencapaian
siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran
Reliabilitas
penilaian mengacu pada konsistensi atau keandalan alat penilaian dalam
menghasilkan hasil yang stabil dan dapat diandalkan. Penilaian yang reliabel
akan memberikan hasil yang konsisten jika digunakan berulang kali atau oleh
penilai yang berbeda dalam situasi yang sama
Tupoksi guru dari segi penilaian cukup komplek dan
dalam pemberian nilai harus berdasarkan data dan fakta sehingga jika ada orangtua
yang mengkonfirmasi hasil belajar anak, maka guru akan mempunyai data atau
format penilaian yang menjadi bukti fisik nilai yang didapatkan siswa, walaupun
dalam pemberian nilai banyak asfek yang menjadi pertimbangan tidak hanya asfek
pengetahuan saja.
Referensi:
Black, P., &
Willam, D. (1998). Assesment and classroom learning, Asesment in education
Principles. Policy & Practice.
Brookhart, S.
(2013). How to Create and Use Rubrics for Formative Asessment and Grading. Alexandria,
VA : ASCD.
Chappuis, J.,
Stiggins, R., Arter, J., & Chappuis, S. (2012). Classroom Assesment for
student learning: Doing it Right (2nd edition). Boston, MA. Pearson.
Darling-Hammond,
L. (2010). The Flat World and Education : How America's Commitment to Equity.
New York, NY : Teachers College Press.
Darling-Hammond,
L. (n.d.). The Flat World and Education : How America's Commitment to Equity
Will Determine our Future. New York , NY: Teachers College Press.
Fredricks, J.,
Blumenfeld, P., & Paris, A. (2004). School engagement > Potential of
the concept, State of the evidence. Review of educational reseach, 74
(1) 59-109.
Hargreaves, A.,
& Shirley, D. (2009). The Fourth Way : The Inspiring Future for
Educational Change. Thousand Oaks, Ca :Corwin.
Marzano, R.,
Pickering, D., & Heflebower, T. (2011). The Higly Enggaged Classroom. Marzano
Reseach, Bloomington.
Nitko, A., &
Brookhart, S. (2011). Educational asessment of Student (6th editiin). Pearson.
0 komentar:
Posting Komentar