Pada kegiatan workshop APSI Jawa Barat Selasa kemarin mengambil
tema Transformasi peran pengawas yang adaptif dan inovatif pasca terbitnya Permenpan
RB No 1 tahun 2023. Yang menjadi bahan pertanyaan seperti apa kriteria pengawas
yang adaptif dan inovatif. Pengawas sekolah yang adaptif mengacu pada
seorang pengawas atau supervisor yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi
dengan berbagai situasi dan tantangan yang muncul dalam lingkungan sekolah.
Mereka mampu mengidentifikasi kebutuhan dan masalah yang berbeda di sekolah,
serta mengembangkan strategi dan solusi yang sesuai untuk meningkatkan kualitas
pendidikan.
Indikator pengawas yang adaptif adalah kriteria yang
dapat digunakan untuk mengukur
sejauh mana seorang pengawas sekolah mampu beradaptasi dengan perubahan dan
tantangan yang terjadi di lingkungan pendidikan. Beberapa indikator yang dapat
digunakan untuk mengukur adaptabilitas pengawas adalah sebagai berikut yaitu 1. fleksibilitas artinya mampu beradaptasi dengan cepat terhadap
perubahan dan merespons kebutuhan yang beragam di sekolah, 2. kemampuan analitis maksudnya mampu menganalisis data dan
informasi yang relevan dalam mengidentifikasi masalah dan merumuskan solusi
yang tepat, 3. keterampilan
komunikasi yang baik artinya mampu berkomunikasi
dengan baik dengan semua pihak terkait, termasuk staf sekolah, siswa, orang
tua, dan pihak eksternal lainnya, 4. kepemimpinan
yang kuat maksudnya mampu memimpin
dan menginspirasi staf sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan, 5. keterampilan kolaborasi yaitu mampu bekerja sama dengan staf sekolah dan
pihak terkait lainnya untuk mencapai perbaikan pendidikan secara kolektif, 6. keterampilan pemecahan masalah mampu mengidentifikasi masalah yang kompleks di
sekolah dan mengembangkan solusi yang efektif (Say &
Gorozidis, 2017) (Shah& Imran 2020) (Barton, 2018). Berdasarkan teori lain pengawas adaptif
mempunyai ciri yaitu 1. fleksibilitas: 2. responsif terhadap kebutuhan, 3. kemampuan analitis, 4. keterlibatan kolaboratif: 5. kemampuan berkomunikasi yang baik (Latham & Leithwood, 2006) (Leithwood & Riehl, 2003) (Pashiardis & Joerges ,2010).
Pengawas sekolah yang inovatif adalah mereka
yang memiliki kemampuan dan kecenderungan untuk menciptakan dan menerapkan
ide-ide baru, pendekatan, atau solusi yang kreatif dalam upaya meningkatkan
kualitas pendidikan di sekolah. Mereka berpikir di luar kotak, memiliki
kemampuan untuk melihat peluang baru, dan berani mengambil risiko dalam
melakukan perubahan yang positif.
Beberapa
ciri pengawas inovatif yaitu 1. Kreativitas mampu berpikir secara kreatif dan menghasilkan
ide-ide baru yang dapat mengatasi masalah atau tantangan di sekolah, 2. Fleksibilitas yaitu terbuka terhadap perubahan dan siap untuk
menyesuaikan diri dengan perkembangan baru dalam pendidikan, 3. Keterampilan pemecahan masalah mampu
mengidentifikasi masalah di sekolah dan mengembangkan solusi yang inovati serta menggunakan pendekatan analitis untuk
memecahkan masalah dan mencari cara baru untuk meningkatkan proses dan hasil
belajar siswa, 4. Kolaborasi mampu bekerja sama dengan staf sekolah, siswa,
orang tua, dan pihak eksternal lainnya untuk mendorong kolaborasi dan
menghasilkan ide-ide baru, 5. Mendorong
eksperimen maksudnya
memberikan dukungan dan ruang bagi staf sekolah untuk mencoba ide-ide baru dan
melakukan eksperimen dalam pembelajaran dan pengajaran (Grogan & Shakeshaft, 2011) (Hargreaves
& Fink 2012) (Leithwood, Louis, Anderson & Wahlstrom, 2004).
Menurut teori lain indikator pengawas yang inovatif
adalah 1. Keberanian berpikir di luar kotak dan menghadapi masalah
dengan cara yang tidak konvensional dengan mencari
solusi-solusi kreatif dan melihat peluang di mana orang lain mungkin tidak
melihatnya, 2. mendorong
ide-ide baru dan memfasilitasi tim staf sekolah untuk memberikan ide-ide baru dengan menciptakan budaya yang mendukung
eksperimen dan inovasi dalam pembelajaran dan pengajaran, 3. pencarian cara untuk meningkatkan kualitas
pendidikan di sekolah artinya tidak
puas dengan status quo dan selalu berusaha untuk memperbaiki proses dan hasil
belajar siswa, 4. menghargai
kolaborasi dengan staf sekolah, siswa, orang tua, dan anggota komunitas, 5. memanfaatkan teknologi secara efektif
dalam mendukung dan memperkaya pengalaman belajar. Mereka dapat menggunakan
alat-alat teknologi terbaru untuk mengoptimalkan pengajaran, komunikasi, dan
administrasi di sekolah (Friesen & Cosgrove, 2018) (Fullan & Donnelly,2013) (Kalogiannakis & Cavanaugh, 2020).
Kesimpulannya
pengawas yang adaptif mempunyai indikator fleksibilitas,
responsif terhadap kebutuhan, kemampuan
analitis, keterampilan
komunikasi, keterampilan
kolaborasi, keterampilan
pemecahan masalah, kepemimpinan yang kuat. Pengawas yang inovatif
mempunyai indikator kemampuan
berpikir
kreatif, adopsi teknologi, eksplorasi dan eksperimen, kolaborasi dan jaringan, mendukung Inovasi siswa dan guru, pembelajaran berkelanjutan. Dari sekian
indikator yang mengindikasikan pengawas yang adaptif dan inovatif, indikator
mana saja yang sudah dimiliki seorang pengawas dan indikator mana yang belum
dimiliki mari kita evaluasi diri dan berani untuk mengupgrade serta
meningkatkan kompetensi yang dimiliki.
Referensi:
Say, J.
L., & Gorozidis, G. (2017). Transformational leadership in schools: The
impact of a principal training program on school supervisors. Educational
Management Administration & Leadership, 45(2), 294-315.
Shah, S.,
& Imran, N. (2020). Instructional Leadership Practices of School
Supervisors in Pakistan. Journal of Educational Leadership, Policy and
Practice, 35(1), 45-62.
Barton,
L. (2018). Adaptive leadership in educational settings. Routledge
Latham,
A. S., & Leithwood, K. (2006). Successful principal leadership in times of
change: An international perspective. Journal of Educational Administration,
44(3), 240-256.
Leithwood,
K., & Riehl, C. (2003). What we know about successful school leadership.
National Association of Secondary School Principals.
Pashiardis,
P., & Joerges, B. (2010). How adaptable are school leaders? Journal of
Educational Administration, 48(4), 451-467.
Grogan,
M., & Shakeshaft, C. (2011). Women and Educational Leadership. John Wiley
& Sons.
Hargreaves,
A., & Fink, D. (2012). Sustainable leadership. John Wiley & Sons.
Hebat ini Bu Yuni. Saya pengawas SMP Kab. Karawang, tinggal di Kp. Rawalintah, Desa Mekarmukti, Cikarang Utara. Mohon maaf pengawas sekolah Kab. Bekasi, kalau ada acara peningkatan kompetensi pengawas, boleh saya ikut?
BalasHapus