Kamis, 01 Juni 2023

Analisis Kisi-kisi dan soal PAT PAI Kelas 8 Bab 1

 

Sebelumya sudah dibahas tentang pentingnya pemetaan sebaran soal, fungsinya selain agar materi yang akan diujikan rata dalam porsi penyajiannya, fungsi yang lain agar kisi-kisi soal yang akan dibuat sudah diketahui berapa soal mudah, sedang dan sukar yang akan disajikan pada suatu bab. Contohnya jika dalam Penilaian Akhir Semester mata pelajaran PAI ada 40 soal pilihan ganda dengan jumlah materi 7 bab, maka sebaran soal yang mempunyai kategori mudah, sedang dan sukar perbandingannya 3:4:3 yaitu 12:16:12.

                Hasil analisis kisi-kisi soal yang PAT kelas 8 semester 2 dan soal PAI menunjukkan bahwa jumlah soal pada bab 1 soal  pilihan ganda berjumlah 7 dan uraian 1, bab 2 soal pilihan ganda berjumlah 8  dan uraian 1, pada bab 3 soal pilihan ganda 8,   pada bab 4 soal pilihan ganda 4 dan uraian 1, pada bab 5 soal pilihan ganda 4 dan uraian 1  , pada bab 6 soal pilihan ganda 5, pada bab 7 soal pilihan ganda 4 dan uraian 1. Sekilas dari sebaran jumlah soal pada tiap bab kurang merata, akan dibahas kisi-kisi dan soal PAI SMP kelas 8 pada bab 1. Jika melihat teori sebaran soal untuk materi bab 1 soal mudah 2 , soal sedang 3 dan soal sukar 1 (pembagian dari soal mudah, sedang dan sukar 12:16:12 ). Namun di kisi-kisi menunjukkan soal ada 7 pilihan ganda dengan soal level mudah L1 2, L2 3 dan L3 3, artinya secara teori idealnya soal bab 1 soal mudah 2, sedang 3 dan sukar 1 jadi ada satu soal yang didelete saja.

                Akan dibahas dari soal level mudah terlebih dahulu yaitu kisi-kisi nomor 3 dan 4

Disajikan lafaz Allah Siswa dapat menunjukan hukum bacaan lam jalalah dibaca tarqiq

(L1)

 

 

3

PG

Disajikan QS An Nahl / 16 : 114, siswa dapat menyebutkan contoh bacaan Ra dibaca tafkhim

(L1)

 

 

4

PG

 

3.            Lam jalalah pada lafaz  اللهyang dibaca tarqiq adalah .....

A.

انَّ اللهَ

C.

جَعَلْتُمُ اللهَ

B.

بِاَيَتِ اللهِ

D.

طَبَعَ اللهُ

4.            Contoh hukum bacaan” Ra” yang dibaca tafkhim adalah ....

A.

اَشْرَ كُوْا

C.

يَعْرِفُوْنَ

B.

قَدِيْرٌ

D.

وَاَثْعَارِهَآ

Apabila melihat kisi-kisi dan soal nomor 3 dan 4 dengan level soal L1 yaitu mudah sudah menunjukkan kesesuaian antara kisi-kisi dan soal, namun di indikator nomor 3 ada kata menunjukkan (KKO) sebaiknya diganti dengan mengidentifikasi (C1), untuk kontruksi soal nomor 3 dan 4 sudah baik.

Akan dibahas dari soal level sedang  yaitu kisi-kisi nomor 2,

Disajikan QS An Nahl / 16 : 114, siswa dapat menjelaskan isi kandungan QS An Nahl / 16 : 114

 

(L2)

 

2

PG

2.            Perhatikan penggalan ayat berikut

وَاشْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Isi kandungan dari penggalan ayat tersebut adalah ...

A.            manusia harus selalu beribadah kepada Allah jika ingin kaya

B.            berserah diri kepada Allah setelah berusaha dan berdo’a

C.            mensyukuri nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita

D.            memakan makanan yang halal dan baik supaya sehat

 

Disajikan narsi tentang lam jalalah, siswa dapat menjelaskan kapan bacaan lam jalalah dibaca tafkhim

 

(L2)

 

6

PG

Disajikan narasi tentang hokum bacaan ra siswa dapat menjelaskan kapan ra dibaca tarqiq

 

(L2)

 

7

PG

6.            Lam jalalah dibaca tafkhim apabila ….

A. lafad Allah didahului harakat dhamma

B .lafad Allah didahului harakat Dhammatain

C. lafad Allah didahului harakat fathah

D. lafad Allah didahului harakat Fathatain

7.            Ra dibaca tarqiq apabila ....

A. Ra berharokat dhommah

B. Ra sukun didahului huruf berharakat fathah

C. Ra sukun didahului huruf berharokat dhomma

D. Ra berharokat yang didahului oleh ya sukun

Apabila melihat kisi-kisi nomor 2  indikator “menjelaskan” termasuk ketegori C2 (L1), padahal jika level 2 KKO yang diambil dari C3 dan C4 diganti menentukan/menelaah, maka kontruksi soal untuk nomor 3 sudah cocok. Untuk kisi-kisi soal nomor 6 dan 7 juga sama indikator soal termasuk L1 baiknya diganti menjadi KKO untuk L2 (C3 dan C4), indikator nomor 6 diganti dengan mengimplementasikan (C3) kontruksi untuk soal nomor 6 dan 7 harus dirubah misalnya menjadi

Soal nomor 6

1. lafad Allah didahului harakat dhammah

2 .lafad Allah didahului harakat kasrah

3. lafad Allah didahului harakat fathah

4. lafad Allah didahului harakat Fathatain

Implementasi Lam jalalah dibaca tafkhim apabila ….

A.1 dan 2                             C 1 dan 3

B.2 dan 3                             D.2 dan 4

 

Akan dibahas dari soal level sukar  yaitu kisi-kisi nomor 1 dan 5

Disajikan QS An Nahl / 16 : 114 siswa dapat menyempurnakan dalil naqli tentang makanan halal dan tayyib

 

 

√ (L3)

1

PG

1.            Perhatikan ayat berikut ini!

                فَكُلُوا۟ مِمَّا ........ٱللَّهُ حَلَٰلًا طَيِّبًا

                Lengkapilah penggalan ayat dalam QS. An Nahl/16:114 tersebut !

A.

رَزَقَكُمُ

C.

حَرَّمَ

B.

نِعْمَتَ

D.

مَعَ

Apabila melihat kisi-kisi nomor 1  L3 ( C5 dan C6) indikatornya “menyempurnakan” bisa diganti indikatornya menjadi menyusun kembali/merangkaikan (C6), artinya soal yang ditampilkan berupa penggalan kalimat yang dipotong-potong dan siswa harus merangkainya menjadi satu kesatuan utuh jika masih tetap memakai L3 dan soal diatas harus dirubah kontruksinya, namun jika  dengan kontruksi bahasa pada soal yang sama indikator diganti dengan melengkapi (C3) dan termasuk L2.

Disajikan susunan ayat Al-Qurán secara acak siswa dapat mengidentifikasi hukum bacaan ra tarqiq pada QS. Al baqarah/2: 25

 

 

√ (L3)

5

PG

5.            Perhatikan ayat berikut ini!

6

 

5

 

4

 

3

 

2

 
Text Box: 1أَنَّ لَهُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ ۖ كُلَّمَا رُزِقُوا۟ مِنْهَا مِن ثَمَرَةٍ رِّزْقًا ۙ قَالُوا۟ هَٰذَا ٱلَّذِى رُزِقْنَا مِن قَبْلُ ۖ وَأُتُوا۟ بِهِۦ مُتَشَٰبِهًا ۖ وَلَهُمْ فِيهَآ أَزْوَٰجٌ مُّطَهَّرَةٌ

                Dari potongan ayat tersebut, yang termasuk bacaan Ra Tarqiq ditunjukan pada nomor ......

                A. 1, 5   C. 3, 6

                B. 2, 4    D. 1, 4

 

 

Untuk kisi-kisi nomor 5 jika melihat indikator termasuk C1 (L1) bukan L3, jika melihat kontruksi soal indikator lebih mengarah ke arah menelaah C4 (L2). Jika ingin tetap mempertahankan menjadi L3 indikator dirubah menjadi menilai C5 , dengan kontruksi soal yang hampir sama.

Dari hasil analisis sebaran dan kesesuain kisi-kisi dan soal PAI, dari segi kisi-kisi soal masih harus ditingkatkan dan untuk kontruksi soal sudah baik. Langkah awal untuk membuat kisi-kisi dan  soal adalah pemetaaan sebarab soal mudah, sedang dan sukar agar implementasi di sebaran materi dan level soal lebih mudah diaplikasikan.

 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar