Kamis, 08 Juni 2023

Penilaian Sumatif Akhir Tahun PAI di SMAN 2 Cibitung

 

Pada hari kamis tanggal 8 Juni 2023 pelaksanaan penilaian akhir semester untuk mata pelajaran PAI di SMAN 2 Cibitung dilaksanakan pada hari kamis jam 10.00 sampai 12.00, uniknya ada mata pelajaran bahasa Arab untuk kelas IPS dan mata pelajaran bahasa Jepang untuk kelas IPA. Hasil observasi soal yang diberikan pada siswa adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah soal 10. Baik soal pilihan ganda atau uraian untuk harus mempunyai kisi-kisi dan sebaran soal mudah, sedang dan sukar harus rata dan ada. Contohnya untuk soal PAI kelas 11 ada 5 bab materi maka sebarannya 3 soal mudah, 4 soal sedang dan 3 soal sukar, kata kuncinya di indikator/KKOnya. Membuat soal uraian lebih mudah daripada soal pilihan ganda, di samping jumlah soalnya sedikit bahasa dalam indikator bisa dipakai ulang dalam soal uraian. Jika dilihat dari kontruksi soal PAI kelas 10 dan 11 sebaran soal sudah ada, namun karena kisi-kisi belum diperlihatkan maka untuk validitasnya belum bisa diukur. Ketika sudah selesai diperiksa hasil tes sisa baiknya di analisis butir soalnya sehingga akan terlihat reliabilitas, kualitas soal dan akan mempunyai bank soal.

Menurut Susan M. Brookhart (2011) dalam bukunya "Educational Assessment Knowledge and Skills for Teachers", membahas tentang desain instrumen penilaian yang valid dan reliabel. Desain instrumen penilaian yang baik memastikan bahwa pertanyaan dan tugas yang digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Langkah pertama dalam merancang instrumen penilaian adalah memahami dengan jelas tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, tujuan tersebut harus spesifik, terukur, mencakup hasil yang diharapkan dari pembelajaran. Kedua memilih jenis instrumen penilaian yang sesuai yang meliputi tes tertulis, proyek, presentasi, portofolio, observasi, atau rubrik penilaian. Ketiga menggunakan pertanyaan dan tugas terbuka tujuannya untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka secara lebih mendalam. Keempat setiap pertanyaan dan tugas harus dirancang agar konsisten dan tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran tidak ambigu, sehingga siswa dapat dengan jelas memahami apa yang diminta dan menunjukkan pemahaman mereka dengan benar. Kelima menggunakan rubrik penilaian, rubrik ini membantu siswa memahami ekspektasi penilaian dan memberikan petunjuk yang jelas bagi guru dalam menilai kinerja siswa secara obyektif. Keenam memperhatikan validitas dan reliabilitas, ketujuh untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang pemahaman siswa, gunakan variasi pertanyaan dan tugas yang mencakup berbagai tingkat kesulitan untuk membantu memperoleh informasi yang lebih holistik tentang kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, implementasinya ada pada kisi-kisi soal.

Bentuk soal uraian yang dibuat guru PAI di SMAN 2 Cibitung termasuk pertanyaan tertutup karena guru mempunyai pedoman penilaiannya walaupun ada juga soal yang termasuk pertanyaan terbuka. Pertanyaan terbuka adalah jenis pertanyaan yang memungkinkan siswa untuk memberikan jawaban dengan menggunakan pemikiran kreatif, reflektif, dan analitis mereka sendiri, pertanyaan ini tidak memiliki jawaban yang baku atau terbatas, melainkan memberikan ruang bagi siswa untuk mengungkapkan pemahaman mereka dengan cara yang unik. Pertanyaan ini bisa disajikan pada siswa jika meminta pendapat mereka terhadap sesuatu hal. Ciri dan manfaat dari pertanyaan terbuka yaitu mendorong siswa untuk berpikir secara kritis dan melibatkan pemecahan masalah, memfasilitasi pemahaman mendalam dengan meminta siswa untuk menjelaskan atau menganalisis konsep atau topik tertentu dan menghubungkan dengan pengalaman mereka sendiri, membuat analogi, dan menggali implikasi lebih lanjut, pertanyaan terbuka memberikan ruang bagi siswa untuk berpendapat, mempresentasikan ide baru, atau menawarkan solusi alternatif yang belum dipertimbangkan sebelumnya, pertanyaan terbuka yang menantang dan menarik dapat membantu membangun keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran melalui diskusi kelompok, kolaborasi, dan pemikiran reflektif yang lebih mendalam serta memungkinkan siswa dengan beragam latar belakang dan pengalaman untuk berkontribusi dengan sudut pandang mereka sendiri. Kesimpulannya dalam membuat soal uraian harus ada kisi-kisi dengan memperhatikan sebaran soal dan lainnya, usahakan dalam membuat pertanyaan alam tes uraian ada pertanyaan tertutup dan terbuka.

 


Share:

1 komentar:

  1. Keren blognya.. salam blogger
    Mhn saling kunjung

    Cara Menyusun Jadwal Pelajaran, Struktur Kurikulum, Alokasi Jam Pelajaran, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas 1,2,3,4,5,6, SD/MI Tahun Ajaran Baru

    https://www.aleepenaku.com/2022/07/jadwal-pelajaran-struktur-kurikulum.html

    BalasHapus