Pada hari kamis tanggal 8 Juni 2023 pelaksanaan
penilaian akhir semester untuk mata pelajaran PAI di SMAN 2 Cibitung
dilaksanakan pada hari kamis jam 10.00 sampai 12.00, uniknya ada mata pelajaran
bahasa Arab untuk kelas IPS dan mata pelajaran bahasa Jepang untuk kelas IPA.
Hasil observasi soal yang diberikan pada siswa adalah tes berbentuk uraian dengan
jumlah soal 10. Baik soal pilihan ganda atau uraian untuk harus mempunyai
kisi-kisi dan sebaran soal mudah, sedang dan sukar harus rata dan ada.
Contohnya untuk soal PAI kelas 11 ada 5 bab materi maka sebarannya 3 soal mudah,
4 soal sedang dan 3 soal sukar, kata kuncinya di indikator/KKOnya. Membuat soal
uraian lebih mudah daripada soal pilihan ganda, di samping jumlah soalnya
sedikit bahasa dalam indikator bisa dipakai ulang dalam soal uraian. Jika
dilihat dari kontruksi soal PAI kelas 10 dan 11 sebaran soal sudah ada, namun
karena kisi-kisi belum diperlihatkan maka untuk validitasnya belum bisa diukur.
Ketika sudah selesai diperiksa hasil tes sisa baiknya di analisis butir soalnya
sehingga akan terlihat reliabilitas, kualitas soal dan akan mempunyai bank
soal.
Menurut Susan M. Brookhart (2011) dalam bukunya "Educational
Assessment Knowledge and Skills for Teachers", membahas tentang desain instrumen
penilaian yang valid dan reliabel. Desain instrumen penilaian yang baik
memastikan bahwa pertanyaan dan
tugas yang digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Langkah pertama
dalam merancang instrumen penilaian adalah memahami dengan jelas tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai, tujuan
tersebut harus spesifik, terukur, mencakup hasil yang diharapkan dari
pembelajaran. Kedua memilih
jenis instrumen penilaian yang sesuai yang meliputi tes tertulis, proyek, presentasi, portofolio,
observasi, atau rubrik penilaian. Ketiga menggunakan pertanyaan dan tugas terbuka tujuannya untuk memberikan
kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka secara lebih mendalam.
Keempat setiap pertanyaan dan
tugas harus dirancang agar konsisten dan tepat sesuai dengan tujuan
pembelajaran tidak ambigu, sehingga
siswa dapat dengan jelas memahami apa yang diminta dan menunjukkan pemahaman
mereka dengan benar. Kelima menggunakan
rubrik penilaian, rubrik ini
membantu siswa memahami ekspektasi penilaian dan memberikan petunjuk yang jelas
bagi guru dalam menilai kinerja siswa secara obyektif. Keenam memperhatikan validitas dan
reliabilitas, ketujuh untuk
mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang pemahaman siswa, gunakan
variasi pertanyaan dan tugas yang mencakup berbagai tingkat kesulitan untuk membantu
memperoleh informasi yang lebih holistik tentang kemampuan siswa dalam mencapai
tujuan pembelajaran, implementasinya
ada pada kisi-kisi soal.
Bentuk soal uraian yang dibuat guru PAI di SMAN 2
Cibitung termasuk pertanyaan tertutup karena guru mempunyai pedoman penilaiannya walaupun ada juga soal yang
termasuk pertanyaan terbuka. Pertanyaan terbuka adalah jenis pertanyaan
yang memungkinkan siswa untuk memberikan jawaban dengan menggunakan pemikiran
kreatif, reflektif, dan analitis mereka sendiri, pertanyaan ini tidak memiliki jawaban yang baku atau terbatas,
melainkan memberikan ruang bagi siswa untuk mengungkapkan pemahaman mereka
dengan cara yang unik. Pertanyaan
ini bisa disajikan pada siswa jika meminta pendapat mereka terhadap sesuatu
hal. Ciri dan manfaat dari pertanyaan terbuka yaitu mendorong siswa untuk berpikir
secara kritis dan melibatkan pemecahan masalah, memfasilitasi pemahaman mendalam dengan meminta siswa untuk menjelaskan atau menganalisis konsep
atau topik tertentu dan menghubungkan dengan pengalaman mereka
sendiri, membuat analogi, dan menggali implikasi lebih lanjut, pertanyaan terbuka memberikan ruang bagi
siswa untuk berpendapat, mempresentasikan ide baru, atau menawarkan solusi
alternatif yang belum dipertimbangkan sebelumnya, pertanyaan terbuka yang menantang dan menarik dapat membantu
membangun keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran melalui diskusi kelompok, kolaborasi, dan
pemikiran reflektif yang lebih mendalam serta memungkinkan siswa dengan beragam latar belakang dan
pengalaman untuk berkontribusi dengan sudut pandang mereka sendiri. Kesimpulannya dalam membuat soal uraian harus
ada kisi-kisi dengan memperhatikan sebaran soal dan lainnya, usahakan dalam
membuat pertanyaan alam tes uraian ada pertanyaan tertutup dan terbuka.
Keren blognya.. salam blogger
BalasHapusMhn saling kunjung
Cara Menyusun Jadwal Pelajaran, Struktur Kurikulum, Alokasi Jam Pelajaran, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas 1,2,3,4,5,6, SD/MI Tahun Ajaran Baru
https://www.aleepenaku.com/2022/07/jadwal-pelajaran-struktur-kurikulum.html