Senin, 16 Oktober 2023

Kegiatan Rintisan Kampung Moderasi Beragama di Cikarang Utara

 

Pada hari Senin 16 Oktober 2023 jam 08.00 sampai 12.00 WIB diadakan kegiatan Rintisan Kampung  Moderasi Beragama di Kebon Kopi Cikarang Utara yang diadakan oleh Kepala KUA Cikarang Utara H. Dede Suhono S.Ag, M.M bersama para Penyuluh Agama di Cikarang Utara. Kegiatan ini diikuti oleh bapak Camat Cikarang Utara Enop Can S.H, M.Si, bapak kapolsek danramil Cikarang Utara, lurah Desa Karang asih, Babinsa, Para tokoh masyarakat setempat H. Sunawan, S.Pd.I dan perwakilan masing-masing tokoh agama.  

Berdasarkan hasil wawancara dengan bapak kepala KUA Cikarang Utara kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap toleransi  yang mengutamakan kebersamaan untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan. Juga untuk melakukan pembinaan kerukunan umat beragama di Cikarang Utara sehingga tercipta suasana yang kondusif menjelang pesta demokrasi di Indonesia. Masyarakat Bekasi sebagai masyarakat industri yang bersifat agamis, harapannya dengan munculnya kampung moderasi beragama akan mewadahi perbedaan yang disikapi dengan bijaksana dan diskusi bersama agar tidak terjadi gesekan yang dapat mengakibatkan hal-hal yang negatif akibat sara yang dapat merugikan masyarakat.

Isu moderasi beragama ini sudah digaungkan Kementerian Agama Kabupaten Bekasi sejak lama. Moderasi beragama adalah merupakan suatu pendekatan dalam praktik keagamaan untuk menjaga keseimbangan, toleransi dan pemahaman yang lebih moderat dalam aplikasi keyakinan dan praktik keagamaan melalui kegiatan toleransi, dialog antar agama, menolak paham ekstremisme, pendidikan dan kesadaran, seperti kegiatan rintisan kampung moderasi yang diprakarsai oleh Kepala KUA Cikarang Utara bersama para penyuluh agamanya. Tujuannya menciptakan masyarakat yang lebih damai, inklusif dan berdampingan dengan berbagai keyakinan agama tanpa konflik yang tidak perlu.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar